Roboguru

Pertanyaan

Faktor yang perlu diperhatikan dalam penetuan lokasi industri adalah....

  1. jarak rata-rata

  2. jumlah penduduk

  3. aksesibilitas

  4. biaya angkut minimum

  5. bahan baku utama

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dengan penjelasan di atas, pilihan yang tepat adalah D. biaya angkut minimum. Biaya angkut minimum ini nantinya dikaitkan dengan kondisi bahan baku dan barang jadi. Jika bahan baku lebih berat dari barang jadi, maka untuk meminimalkan biaya angkut, industri harus ditempatkan dekat dengan lokasi bahan baku. Begitupun sebaliknya.

Pembahasan

Mengacu ada teori lokasi industri yang dikemukakan oleh Weber, penentuan lokasi industri ditempatkan di tempat-tempat yang memiliki risiko biaya yang paling minimal (least cost location), yaitu tempat di mana biaya transportasi dan biaya tenaga kerja bisa seminimal mungkin. Tempat di mana total biaya transportasi dan tenaga kerja yang minimum cenderung identik dengan tingkat keuntungan yang maksimum. Oleh karena itu, dengan penjelasan di atas, pilihan yang tepat adalah D. biaya angkut minimum. Biaya angkut minimum ini nantinya dikaitkan dengan kondisi bahan baku dan barang jadi. Jika bahan baku lebih berat dari barang jadi, maka untuk meminimalkan biaya angkut, industri harus ditempatkan dekat dengan lokasi bahan baku. Begitupun sebaliknya.

15

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Faktor-faktor yang dapat memengaruhi lokasi pembangunan industri yaitu…. (1) regulasi (2) transportasi (3) aglomerasi (4) segregasi

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia