Pertanyaan

Faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi industri adalah ....

Faktor yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi industri adalah ....space

  1. jarak rata-rataspace 

  2. jumlah pendudukspace 

  3. aksesibilitasspace 

  4. biaya angkutan minimumspace 

  5. bahan baku utamaspace 

Y. Widyaningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C, D, dan E.

jawaban yang tepat adalah C, D, dan E.space 

Pembahasan

Lokasi industri dapat dipengaruhi oleh pertimbangan faktor ekonomi dan non ekonomi. Faktor-faktor penentuan lokasi industri yaitu: Bahan baku,energi dan faktor produksi Kedekatan dengan sumber bahan baku akan mengurangi biaya produksi industri , terutama industri-industri yang membutuhkan bahan mentah dalam jumlah yang relatif besar, seperti kehutanan, perikanan, peternakan dan pertanian Pasar, konsumen dan harga Industri yang menghasilkan komoditas mudah rusak tidak dan tidak tahan lamatidak dapat melalui jarak yang jauh, atau industri yang hasil produksinya banyak digunakan sehingga umumnya terletak di dekat pasar atau konsumen . Contohnya adalah industri makanan, industri pakaian. Aglomerasi Daerah-daerah dimana konsentrasi kegiatan ekonomi terjadi memperoleh manfaat disebut dengan ekonomi aglomerasi (agglomeration economies). Penentuan lokasi industri pada wilayah aglomerasi secara tidak langsung mampu mengurangi biaya produksi. Penghematan biaya dapat dicapai melalui pembagian infrastruktur termasuk untuk komunikasi dan layanan pendukung lainnya. Contohnya kawasan industri Karawang dan kawasan industri Bekasi. Kebijakan pemerintah Upah Minimum Regional (UMR) merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang berpengaruh terhadap biaya produksi, dalam hal upah karyawan. Kebijakan pemerintah terkait UMRberbeda – beda satu sama lain. Industri yang berada jauh dari pusat kota biasanya memiliki UMR yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan yang berada di pusat kota ataupun ibukota provinsi. Ketersediaan tenaga kerja Pasokan tenaga kerja murah dan terampil diperlukan untuk perkembangan industri. Contohnya perkembangan pabrik rokok di wilayah Kudus. Transportasi, infrastruktur dan biaya angkutan Jenis moda transportasi dan akesibilitas pengangkutan berpengaruh terhadap biaya angkutan terhadap bahan baku atau distribusi produk hasil industri. Layanan publik dan aksesibilitas Layanan publik daerah industri berpengaruh terhadap kondisi perekonomian dan kapasitas sumber daya manusia. Penyediaan fasilitas pendidikan kesehatan, transportasi, pelatihan, pasar, dan akses sumber daya air dan energi listrikyang memadai mempengaruhi proses berjalannya suatu industri. Jadi, jawaban yang tepat adalah C, D, dan E.

Lokasi industri dapat dipengaruhi oleh pertimbangan faktor ekonomi dan non ekonomi. Faktor-faktor penentuan lokasi industri yaitu:

  1. Bahan baku, energi dan faktor produksi
    Kedekatan dengan sumber bahan baku akan mengurangi biaya produksi industri, terutama industri-industri yang membutuhkan bahan mentah dalam jumlah yang relatif besar, seperti kehutanan, perikanan, peternakan dan pertanian
  2. Pasar, konsumen dan harga
    Industri yang menghasilkan komoditas mudah rusak tidak dan tidak tahan lama tidak dapat melalui jarak yang jauh, atau industri yang hasil produksinya banyak digunakan sehingga umumnya terletak di dekat pasar atau konsumen. Contohnya adalah industri makanan, industri pakaian.
  3. Aglomerasi
    Daerah-daerah dimana konsentrasi kegiatan ekonomi terjadi memperoleh manfaat disebut dengan ekonomi aglomerasi (agglomeration economies). Penentuan lokasi industri pada wilayah aglomerasi secara tidak langsung mampu mengurangi biaya produksi. Penghematan biaya dapat dicapai melalui pembagian infrastruktur termasuk untuk komunikasi dan layanan pendukung lainnya. Contohnya kawasan industri Karawang dan kawasan industri Bekasi.
  4. Kebijakan pemerintah
    Upah Minimum Regional (UMR) merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang berpengaruh terhadap biaya produksi, dalam hal upah karyawan. Kebijakan pemerintah terkait UMR berbeda – beda satu sama lain. Industri yang berada jauh dari pusat kota biasanya memiliki UMR yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan yang berada di pusat kota ataupun ibukota provinsi.
  5. Ketersediaan tenaga kerja
    Pasokan tenaga kerja murah dan terampil diperlukan untuk perkembangan industri. Contohnya perkembangan pabrik rokok di wilayah Kudus.
  6. Transportasi, infrastruktur dan biaya angkutan
    Jenis moda transportasi dan akesibilitas pengangkutan berpengaruh terhadap biaya angkutan terhadap bahan baku atau distribusi produk hasil industri.
  7. Layanan publik dan aksesibilitas
    Layanan publik daerah industri berpengaruh terhadap kondisi perekonomian dan kapasitas sumber daya manusia. Penyediaan fasilitas pendidikan kesehatan, transportasi, pelatihan, pasar, dan akses sumber daya air dan energi listrik yang memadai mempengaruhi proses berjalannya suatu industri.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C, D, dan E.space 

184

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Dampak yang muncul dengan adanyarelokasi industri pada negara yang ditujuadalah .... Alih teknologi. Perluasan pasar. Peningkatan pendapatan. Pengurangan polusi pabrik.

107

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia