Pertanyaan

Faktor yang menyebabkan tingginya angka perkawinan dini di beberapa wilayah perdesaan Indonesia adalah ... rendahnya tingkat pendidikan pengaruh budaya setempat tingginya tekanan ekonomi eratnya hubungan kekerabatan (SBMPTN 2018)

Faktor yang menyebabkan tingginya angka perkawinan dini di beberapa wilayah perdesaan Indonesia adalah ...

  1. rendahnya tingkat pendidikan
  2. pengaruh budaya setempat
  3. tingginya tekanan ekonomi
  4. eratnya hubungan kekerabatan 

(SBMPTN 2018)

  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.undefined 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar.undefined 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.undefined 

  4. HANYA 4 yang benar.undefined 

  5. SEMUA pilihan benar.undefined 

R. Dewi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihanjawaban yang tepat adalah E.

pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Perkawinan dini adalah peristiwa pernikahan yang terjadi pada usia dini . Pernikahan tersebut dinyatakan dini karena secara mental dan material pengantinbelum siap . Pernikahan yang dilakukan sebelum usia 16 tahun (perempuan) dan 19 tahun (laki-laki)juga dapat disebut pernikahan dini. Perkawinan dini di Indonesia terjadi karena beberapa faktor, yaitu sebagai berikut. Rendahnya tingkat pendidikan Orang yang pendidikannya rendah kurang memahami masalah kesehatan fisik dan mental yang akan dihadapi ketika menikah di usia sangat muda sehingga mereka tidak menganggap pernikahan dini sebagai suatu masalah. Pengaruh budaya Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi untuk menikahkan anak di usia 11-14 tahun. Jika ada anak yang belum menikah setelah lewat usia tersebut, mereka akan mendapat stigma negatif dari lingkungannya. Tingginya tekanan ekonomi Ada masyarakat dengan tingkat ekonomi rendahyang tidak mampu membiayai kehidupan anak lebih memilih menikahkan anaknya di usia beliaagar tanggungan keluarga berkurang. Eratnya hubungan kekerabatan Banyak masyarakat perdesaan yang masih menggunakan pernikahan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan eratnya hubungan keluarga (terutama keluarga jauh). Jadi, pilihanjawaban yang tepat adalah E.

Perkawinan dini adalah peristiwa pernikahan yang terjadi pada usia dini. Pernikahan tersebut dinyatakan dini karena secara mental dan material pengantin belum siap. Pernikahan yang dilakukan sebelum usia 16 tahun (perempuan) dan 19 tahun (laki-laki) juga dapat disebut pernikahan dini. Perkawinan dini di Indonesia terjadi karena beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

  • Rendahnya tingkat pendidikan
    Orang yang pendidikannya rendah kurang memahami masalah kesehatan fisik dan mental yang akan dihadapi ketika menikah di usia sangat muda sehingga mereka tidak menganggap pernikahan dini sebagai suatu masalah.
  • Pengaruh budaya
    Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi untuk menikahkan anak di usia 11-14 tahun. Jika ada anak yang belum menikah setelah lewat usia tersebut, mereka akan mendapat stigma negatif dari lingkungannya.
  • Tingginya tekanan ekonomi
    Ada masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah yang tidak mampu membiayai kehidupan anak lebih memilih menikahkan anaknya di usia belia agar tanggungan keluarga berkurang.
  • Eratnya hubungan kekerabatan
    Banyak masyarakat perdesaan yang masih menggunakan pernikahan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan eratnya hubungan keluarga (terutama keluarga jauh).undefined 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

5

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan teori gravitasi, pola interaksi antarwilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menunjukkan perbedaan keruangan akibat variasi ....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia