Roboguru

Pertanyaan

Faktor yang memengaruhi keberadaan sabana di Nusa Tenggara Timur adalah ….

  1. tingginya suhu udara

  2. tingginya kecepatan angin

  3. panjangnya musim kemarau

  4. rendahnya kelembaban udara

  5. kuatnya penyinaran matahari

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mengakibatkan hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering. Rendahnya curah hujan tersebut disebabkan karena rentang musim kemarau yang lebih lama. Saat wilayah Indonesia secara umum mengalami musim penghujan, wilayah Nusa Tenggara Timur hanya mendapatkan sedikit hujan karena posisi kepulauannya terletak di sebelah timur gugusan sunda kecil. Sehingga awan hujan yang tertiup oleh angin monsun barat sudah sangat sedikit saat sampai di Nusa Tenggara Timur dan hanya menyebabkan sedikit hujan. Peristiwa inilah yang menyebabkan Nusa Tenggara Timur mengalami masa musim kemarau yang lebih panjang dari wilayah-wilayah di Indonesia bagian barat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Wilayah Nusa Tenggara Timur banyak ditumbuhi oleh bioma sabana. Biona sabana adalah ekosistem besar dengan daerah luas berupa wilayah padang rumput yang terdiri atas pohon – pohon perdu yang tumbuh jarang dan diselingi oleh semak belukar. Padang rumput sabana secara alami terbentuk umumnya disebabkan oleh cuaca dengan tingkat curah hujan yang rendah, yakni hanya sekitar 30 mm/ tahun. Curah hujan yang rendah ini menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air. Sehingga mengakibatkan hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering. Rendahnya curah hujan tersebut disebabkan karena rentang musim kemarau yang lebih lama. Saat wilayah Indonesia secara umum mengalami musim penghujan, wilayah Nusa Tenggara Timur hanya mendapatkan sedikit hujan karena posisi kepulauannya terletak di sebelah timur gugusan sunda kecil. Sehingga awan hujan yang tertiup oleh angin monsun barat sudah sangat sedikit saat sampai di Nusa Tenggara Timur dan hanya menyebabkan sedikit hujan. Peristiwa inilah yang menyebabkan Nusa Tenggara Timur mengalami masa musim kemarau yang lebih panjang dari wilayah-wilayah di Indonesia bagian barat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

2rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ragam spesies flora dan fauna di kawasan ekuator lebih banyak dibandingkan kawasan lain di bumi. SEBAB Daerah tropika mempunyai kondisi lingkungan yang relatif paling sesuai untuk mendukung kehidupa...

20

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia