Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme di Mesir adalah ....

Faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme di Mesir adalah ....

  1. kekecewaan rakyat Mesir atas gagalnya khedive Mesir mengatasi krisis keuangan

  2. campur tangan dan kontrol Inggris dan Prancis atas rusan dalam negeri Mesir

  3. Inggris membebaskan Terusan Suez dilalui pelayaran internasional

  4. Inggris mengizinkan Terusan Suez dilewati kapal-kapal Israel

  5. Inggris memblokade Terusan Suez

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme Mesir karena campur tangan dan kontrol Inggris dan Prancis atas urusan dalam negeri Mesir. Campur tangan ini diawali setelah Mesir mengalami krisis keungan untuk membiayai proyek modernisasi Mesir. Untuk mencegah kebangkrutan, Ismail Pasha menjual sebagian besar saham Terusan Suez kepada Inggris pada 1875. Inggris menjadi pemegang saham mayoritas meskipun tidak mengeluarkan dana sepeser pun untuk membangun terusan tersebut. Dana hasil penjalan saham ternyata tidak cukup untuk menyehatkan keuangan Mesir. Ismail kemudian meminjam lagi kepada Prancis, namun sekali lagi gagal memulihkan kondisi keuangan Mesir. Di sisi lain Iggris dan Prancis terus mendesak pembayaran utang yang sudah jatuh tempo. Inggris kemudian mengutus Stephen Cave untuk meneliti hal-hal yang berhubungan dengan keuangan Mesir. Bentuk campur tangan yang berlebihan dilawan oleh Ismail yang kemudian ia menyabotase peraturan yang telah disusun para menteri puncaknya ia memecat menteri-menteri itu dan menyusun kabinet baru. Sebagai reaksi Inggris dan Prancis membujuk sultan Ottoman agar memecat Ismail. Selama 1870-an muncul gerakan perlawanan terhadap intervensi asing di Mesir. Berdasarkan penjelasan berikut maka faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme di Mesir adalah campur tangan dan kontrol Inggris dan Prancis atas rusan dalam negeri Mesir.

Faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme Mesir karena campur tangan dan kontrol Inggris dan Prancis atas urusan dalam negeri Mesir. Campur tangan ini diawali setelah Mesir mengalami krisis keungan untuk membiayai proyek modernisasi Mesir. Untuk mencegah kebangkrutan, Ismail Pasha menjual sebagian besar saham Terusan Suez kepada Inggris pada 1875. Inggris menjadi pemegang saham mayoritas meskipun tidak mengeluarkan dana sepeser pun untuk membangun terusan tersebut. Dana hasil penjalan saham ternyata tidak cukup untuk menyehatkan keuangan Mesir. Ismail kemudian meminjam lagi kepada Prancis, namun sekali lagi gagal memulihkan kondisi keuangan Mesir. Di sisi lain Iggris dan Prancis terus mendesak pembayaran utang yang sudah jatuh tempo. Inggris kemudian mengutus Stephen Cave untuk meneliti hal-hal yang berhubungan dengan keuangan Mesir. Bentuk campur tangan yang berlebihan dilawan oleh Ismail yang kemudian ia menyabotase peraturan yang telah disusun para menteri puncaknya ia memecat menteri-menteri itu dan menyusun kabinet baru. Sebagai reaksi Inggris dan Prancis membujuk sultan Ottoman agar memecat Ismail. Selama 1870-an muncul gerakan perlawanan terhadap intervensi asing di Mesir. Berdasarkan penjelasan berikut maka  faktor pemicu lahirnya gerakan nasionalisme di Mesir adalah campur tangan dan kontrol Inggris dan Prancis atas rusan dalam negeri Mesir.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

38

tari 07

Bantu banget

Ayunii Widya

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesamaan antara kebijakan penjajahh di India dan Mesir dalam bidang militer yang memicu ketidakpuasan dan perlawanan prajurit pribumi adalah ....

25

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia