Roboguru

Faktor klimatik yang menyebabkan longsor dan banjir di Wasior adalah… Sinar matahari  Curah hujan  Angin  Kelembaban udara

Pertanyaan

Faktor klimatik yang menyebabkan longsor dan banjir di Wasior adalah…

  1. Sinar matahari 
  2. Curah hujan 
  3. Angin 
  4. Kelembaban udara 
  1. 1,2, dan 3 SAJA yang benar 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar 

  4. HANYA 4 yang benar 

  5. SEMUA pilihan benar 

Pembahasan Soal:

Tanah longsor dan banjir dapat terjadi salah satunya akibat meningkatnya curah hujan. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya longsor adalah sebagai berikut.

  • Faktor topografi, misalnya sebagai lereng yang curam atau cliff vertikal
  • Faktor klimatik, misalnya volume hujan yang tinggi, amplutido suhu harian atau tahunannya besar.
  • Faktor stratigrafi, misalnya batuannnya berlapis dan berselang seling antara lunak dan kuat atau permeabel dan tidak permeabel. 

Intensitas curah hujan berkaitan juga dengan kondisi kelembapan udara. Kelembapan udara yang cukup besar memberi petunjuk bahwa udara banyak mengandung uap air atau udara dalam keadaan basah, Hal ini tergantung dari masuknya uap air ke atmosfer karena adanya penguapan dari air yang ada di lautan, danau, dan sungai, maupun dari air tanah.

Berdasarkan penjelasan di atas, nomor 2 dan 4 yang benar.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat untuk soal ini adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut ! Dampak alih fungsi lahan seperti gambar berikut dapat menimbulkan bencana di lahan miring yang berupa... Tanah longsor Kekeringan Banjir bandang Kebakaran hutan

Pembahasan Soal:

Alih fungsi lahan di hulu sungai merupakan faktor utama penyebab terjadinya banjir bandang dan longsor. Alih fungsi lahan yang terjadi pada sebagian besar hulu sungai-sungai di Indonesia tersebut dapat menurunkan tingkat resapan air dan jumlah vegetasi sehingga tingkat erosi semakin besar yang berdampak pada semakin tipisnya lapisan tanah. Lapisan tanah yang semakin lama semakin tergerus memiliki struktur yang lemah sehingga memicu adanya longsoran tanah. Ketika tanah di lereng semakin menurun tingkat resapan airnya, tentu berdampak pada aliran air yang mengalir ke daerah bawah lereng. Jika air yang mengalir dalam volume yang besar maka dapat mengakibatkan terjadinya bencana banjir bandang.

Berdasarkan uraian tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Cara eksploitasi seperti apakah penambangan pasir dan batu di gunung yang sering menyebabkan keruntuhan dan menelan korban jiwa?

Pembahasan Soal:

Dampak berbahaya dari cara eksploitasi pada penambangan pasir dan batu di gunung, salah satunya adalah tanah longsor. Dalam hal ini, tanah longsor dapat terjadi akibat dari pengambilan pasir dengan cara memotong tebing dari bawah. Akibatnya lereng menjadi tidak stabil dan terjadilah tanah longsor yang dapat menyebabkan keruntuhan dan korban jiwa. 

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang paling tepat adalah A. 

0

Roboguru

Cara eksploitasi seperti apakah penambangan pasir dan batu di gunung yang sering menyebabkan keruntuhan dan menelan korban jiwa?

Pembahasan Soal:

Tanah longsor adalah perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran tersebut, bergerak ke bawah. Kejadian longsor disebabkan oleh ketidakstabilan lahan yang umumnya diakibatkan oleh ulah manusia. Salah satunya dengan eksploitasi lahan miring yang tidak tepat, misalnya pengambilan pasir dengan memotong tebing.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Fakta yang menunjukkan masyarakat Baduy (Banten) mempunyai kearifan lokal Pikukuh (aturan adat) sehingga terhindar dari bencana SEBAB Suku Baduy (Banten) menerapkan aturan pembangunan pondasi dan pa...

Pembahasan Soal:

Masyarakat Baduy saat ini banyak yang mendiami Pegunungan Keundeng di Kabupaten Lebak, Banten. Dalam merespons adanya gempa bumi masyarakat Baduy menyiasatinya dengan membuat aturan adat atau pikukuh dan larangan dalam membangun rumah. Aturan tersebut mengatur bahan bangunan yang digunakan dalam membangun rumah adalah bahan-bahan yang lentur, seperti bambu, ijuk, dan kiray supaya rumah tidak mudah rusak. Rumah juga tidak boleh didirikan langsung menyentuh tanah. Hal ini dilakukan supaya rumah tidak mudah roboh. 
Berdasarkan uraian di atas, maka:

  • Pernyataan 1 adalah BENAR
  • Pernyataan 2 adalah SALAH sebab masyarakat Baduy tidak menggunakan beton dalam membangun rumah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Apabila berada di pantai dan terjadi gempa lebih dari 20 detik segeralah berlari ke tempat yang lebih tinggi. SEBAB Gempa yang terjadi di sekitar pantai lebih dari 20 merupakan salah satu tanda-tand...

Pembahasan Soal:

Salah satu prinsip yang cukup relevan untuk masyarakat awam di sekitar pesisir adalah adanya Prinsip 20-20-20. Prinsip ini menyatakan ketika terjadi gempa selama 20 detik, maka masyarakat harus segera mengevakuasi diri ke tempat yang lebih tinggi, dengan ketinggian minimal 20 meter. Hal tersebut dilakukan sebab gempa yang terjadi selama 20 detik merupakan gempa yang berpotensi terhadap tsunami (dalam waktu 20 menit ke depan setelah gempa terjadi).

  • Pernyataan Pertama adalah BENAR
  • Pernyataan Kedua adalah BENAR
  • Kedua pernyataan tersebut SALING BERKAITAN dan menunjukkan hubungan sebab-akibat.

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved