Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor fisik yang menyebabkan aktivitas pertanian lebih banyak dilakukan pada wilayah beting gisik yang relatif jauh dari garis pantai adalah ….

Faktor fisik yang menyebabkan aktivitas pertanian lebih banyak dilakukan pada wilayah beting gisik yang relatif jauh dari garis pantai adalah ….

  1. curah hujan yang Iebih tinggi

  2. lereng yang lebih datar

  3. tanah yang Iebih berkembang

  4. tiupan angin yang lebih rendah

  5. salinitas tanah yang Iebih rendah

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Beting gisik merupakan endapan marin (laut) yang terdiri dari material pasir baik kasar ataupun halus yangmembentuk semacam pematang ( ridge ). Beting gisik tidak datar seperti gisikdan biasanya terletak lebih jauh dari laut . Beting gisik biasanya terdiri dari beberapa jalur/seri. Masih berkaitan dengan kondisi pesisir, karakteristik air tanah di wilayah yang terpengruh aktivitas laut biasanya terdapat rasa payau. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa pada bentuk lahan dataran fluviomarin, karakteristik air tanah secara kualitas berasa payau hingga asin dengan keterdapatan yang bersifat lokal, sementara pada bentuk lahan kompleks beting gisik dan gumuk pasir umumnya air tanah berasa tawar. Hal inilah yang menyebabkan aktiftas pertanian cenderung dilakukan pada wilayah beting gisik yang berada lebih jauh dari garis pantai . Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Beting gisik merupakan endapan marin (laut) yang terdiri dari material pasir baik kasar ataupun halus yang membentuk semacam pematang (ridge).  Beting gisik tidak datar seperti gisik dan biasanya terletak lebih jauh dari laut.  Beting gisik biasanya terdiri dari beberapa jalur/seri. Masih berkaitan dengan kondisi pesisir, karakteristik air tanah di wilayah yang terpengruh aktivitas laut biasanya terdapat rasa payau. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa pada bentuk lahan dataran fluviomarin, karakteristik air tanah secara kualitas berasa payau hingga asin dengan keterdapatan yang bersifat lokal, sementara pada bentuk lahan kompleks beting gisik dan gumuk pasir umumnya air tanah berasa tawar. Hal inilah yang menyebabkan aktiftas pertanian cenderung dilakukan pada wilayah beting gisik yang berada lebih jauh dari garis pantai. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor fisik yang menyebabkan aktivitas pertanian lebih banyak dilakukan pada wilayah beting gisik yang relatif jauh dari garis pantai …. (SBMPTN 2017)

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia