Roboguru

Faktor fisik yang mempengaruhi suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah...

Pertanyaan

Faktor fisik yang mempengaruhi suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan adalah...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pusat Pertumbuhan (growth pole) adalah suatu wilayah atau kawasan yang pertumbuhan pembangunannya sangat pesat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan wilayah lain di sekitarnya. Faktor-faktor yang mendukung adanya pusat pertumbuhan, antara lain: 

  1. Faktor Fisik -> topografi datar, ketersediaan air mencukupi, kerawanan bencana rendah.
  2. Faktor Kebijakan -> kebijakan penggunaan lahan, pengendalian pemanfaatan lahan.
  3. Faktor Ekonomi -> potensi pertumbuhan ekonomi
  4. Faktor Sosial -> kondisi pendidikan, pendapatan, dan kesehatan penduduk
  5. Faktor Sarana Pendukung -> fasilitas pendidikan dan kesehatan, jalur transportasi, serta jaringan utilitas.

Kondisi fisik suatu wilayah adalah salah satu faktor yang membuat daerah bisa berkembang menjadi pusat pertumbuhan. Berdasarkan penjelasan di atas, beberapa faktor fisik yang dapat mempengaruhi pertumbuhan wilayah adalah :

  • Lokasi
  • Topografi dan morfologi (fisiografis)
  • Ketersediaan Air
  • Tingkat Kerawanan Bencana

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan pernyataan berikut! sumber daya tambang melimpah banyak tenaga ahli kemiringan daerah curam jaringan jalan belum memadai Faktor-faktor perkembangan pusat pertumbuhan ditunjukkan nom...

Pembahasan Soal:

Pusat pertumbuhan merupakan suatu wilayah yang memiliki tingkat pertumbuhan sangat pesat daripada wilayah lainnya, sehingga dapat menjadi pusat sekaligus berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan wilayah di sekitarnya. Faktor yang memengaruhi perkembangan pusat pertumbuhan adalah ketersediaan sumber daya alam, karena merupakan modal untuk pembangunan, seperti sumber daya tambang, kehutanan, dan lainnya. Faktor lain yang juga berpengaruh adalah sumber daya manusia, karena berperan sebagai pengembang faktor pertumbuhan sekaligus pengelola SDA, sehingga diperlukan tenaga ahli yang banyak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Wacana tersebut menunjukkan salah satu faktor yang menghambat pembentukan pusat pertumbuhan yaitu....

Pembahasan Soal:

Wacana pada soal tersebut menunjukkan salah satu faktor yang menghambat pembentukan pusat pertumbuhan yaitu rendahnya kemampuan sumber daya manusia untuk mengelola potensi wilayah. Pusat pertumbuhan merupakan wilayah yang punya pertumbuhan lebih cepat dibanding wilayah lainnya. Biasanya wilayah ini menjadi sumber dari berbagai kegiatan ekonomi dan sangat memengaruhi wilayah sekitarnya. Pusat pertumbuhan ini juga selalu dijadikan acuan pembangunan supaya bisa memengaruhi perkembangan wilayah di sekitarnya, guna terciptanya pemerataan pembangunan. Ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi perkembangan dalam wilayah pusat pertumbuhan, antara lain lokasi, sumber daya alam, sumber daya manusia, topografi, fasilitas penunjang, industri, dan sosial budaya masyarakat. Untuk kasus tersebut, faktor sumber daya manusialah yang paling berpengaruh dalam faktor penghambat pusat pertumbuhan di wilayah tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Pernyataan: (1) wilayah relatif datar; (2) daerah pegunungan yang subur; (3) jaringan transportasi mudah; (4) penduduk dengan keterampilan rendah; (5) memiliki sumber daya yang baik. Faktor yang...

Pembahasan Soal:

Suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan disebabkan oleh beberapa faktor :

A. Kondisi Fisik Wilayah

Kondisi fisik wilayah merupakan salah satu faktor penyebab berkembangnya suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan, misalnya kondisi fisik yang datar akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit atau lembah yang curam. Perkembangan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan itu memerlukan dana, tenaga, bahkan teknologi yang tinggi dan pada akhirnya harus dipandang dari sudut ekonomisnya.

B. Kekayaan Sumber Daya Alam

Suatu wilayah yang memiliki sumber daya melimpah dapat menjadi pusat pertumbuhan. Pemusatan sejumlah orang itu akan diikuti oleh pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti rumah, pasar, terminal, industri, sekolah, dan lain sebagainya. Akibatnya akan terjadi pemekaran wilayah ke segala arah.

C. Sarana Dan Prasarana Transportasi

Sarana dan prasarana transportasi memegang peranan penting dalam mendukung terbentuknya pusat-pusat pertumbuhan. Suatu titik lokasi yang berada pada wilayah dengan jaringan transportasi yang baik, besar kemungkinan dapat menjadi pusat pertumbuhan dan akan memacu aktivitas ekonomi daerah bersangkutan.

D. Adanya Industri

Perkembangan industri pada suatu wilayah mengakibatkan munculnya lapangan kerja. Keberadaan industri pada suatu wilayah itu dapat memberikan berbagai peluang aktivitas ekonomi dan selanjutnya menjadi pusat pertumbuhan bagi wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya.

E.  Kondisi Sosial Budaya Masyarakat

Kondisi sosial budaya suatu masyarakat dapat mempengaruhi perkembangan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan dan perkembangan bagi wilayah yang ada di sekitarnya. Misalnya suatu kehidupan masyarakat yang telah modern lebih bersifat terbuka untuk menerima pembaharuan-pembaharuan dan dapat menjadi pusat pertumbuhan bagi wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya. Sedangkan pada kehidupan masyarakat tradisional sangat sulit untuk menerima pembaharuan-pembaharuan yang ada di sekitar wilayahnya

F. Pertimbangan Ekonomi

Berdasarkan pertimbangan ekonomi, suatu daerah dapat dijadikan sebagai pusat pertumbuhan oleh pemerintah Republik Indonesia, seperti Batam.

0

Roboguru

Lokasi kegiatan industri konveksi lebih tepat seperti gambar adalah di daerah ....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gambar, lokasi kegiatan industri konveksi lebih tepat berada di daerah rawa-rawa. Alasannya karena rawa-rawa berlokasi dekat dengan daerah pemasaran pusat pemasaran untuk menjual hasil industri. Industri koveksi yang memiliki limbah pabrik yang berbahaya bagi kesehatan dapat dibuang di daerah rawa yang aman dan jauh dari aktivitas manusia.

0

Roboguru

Wilayah Taruma memiliki sumber daya alam melimpah. Wilayah ini berpotensi menjadi pusat pertumbuhan. Akan tetapi, perkembangan wilayah tersebut mengalami perlambatan. Fenomena ini dapat terjadi karena...

Pembahasan Soal:

Fenomena perlambatan pembangunan meskipun memiliki sumber daya alam yang melimpah dapat terjadi karena prioritas pembangunan tidak sesuai potensi sumber daya alam. Hal tersebut menyebabkan pengelolaan yang buruk sehingga tidak membawa manfaat bagi wilayahnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved