Roboguru

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan cuaca suatu wilayah adalah ....

Pertanyaan

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan cuaca suatu wilayah adalah ....

  1. suhu udara dan arah angin

  2. kelembaban udara dan waktu

  3. tekanan udara dan pencahayaan

  4. angin dan arus laut

  5. awan dan curah hujan

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca dan iklim di suatu wilayah antara lain suhu, tekanan udara, angin, kelembapan udara, dan curah hujan. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat untuk faktor yang mempengaruhi perubahan cuaca adalah suhu dan arah angin.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana perubahan iklim bisa terjadi?

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim dapat terjadi karena dipengaruhi oleh faktor-faktor sebaga berikut:

  1. Aktivitas Manusia. Kegiatan manusia di bumi ini merupakan penyebab utama terjadinya perubahan iklim, terlebih aktivitas manusia yang mengarah kepada pengrusakan lingkungan seperti penebangan hutan, pembangun pemukiman didaerah resapan air, membuang limbah pabrik sembarangan, dan lain sebagainya.
  2. Pemanasan Global.Merupakan peristiwa meningkatnya suhu rata-rata di permukaan bumi baik di darat maupun laut. Pengaruh pemanasan global terhadap terjadinya perubahan iklim sangat signifikan.
  3. Efek Rumah Kaca. Peristiwa efek rumah kaca utamanya disebabkan oleh aktivitas manusia seperti polusi dari pabrik-pabrik, polusi dari kendaraan bermotor dan juga dari sektor pertanian. Peristiwa ini bisa berdampak kepada mencairnya es-es atau salju-salju abadi didaerah kutub yang bisa menyebabkan meningkatkan permukaan air laut disekitar daerah tropis.
  4. El Nino dan La Nina. El Nino adalah proses terjadinya peningkatan temperatur atau suhu air laut didaerah Peru dan Ekuador yang dapat berdampak mengganggu iklim secara global. Peristiwa ini umumnya terjadi dalam waktu dua sampai tujuh tahun sekali. Sedangkan La Nina adalah kebalikan dari El Nino, yaitu ketika suhu atau temperatur air laut di daerah Peru dan Ekuador menjadi dingin. Peristiwa La Nina bisa menyebabkan angin kencang, hujan lebat dan juga banjir didaerah-daerah sekitar Indonesia.
  5. Menipisnya Lapisan Ozon. Lapisan ozon berfungsi untuk menghalau radiasi ultraviolet B (UV-B) dari matahari. Jika terjadi kerusakan pada lapisan ozon, maka bumi akan mudah terpapar radiasi sinar UVB. Radiasi UVB berbahaya karena dapat merusak susunan DNA. Pada manusia, UVB menyebabkan timbulnya penyakit kanker kulit dan katarak. UVB juga berbahaya bagi makhluk hidup lain sehingga berpotensi mengganggu keseimbangan ekosistem.

0

Roboguru

Jelaskan bagaimana perubahan iklim global dapat berpengaruh terhadap sumberdaya air...

Pembahasan Soal:

Perubahan Iklim adalah perubahan signifikan iklim, suhu udara dan curah hujan mulai dari dasawarsa sampai jutaan tahun. Perubahan iklim telah dan akan menyebabkan bahaya langsung terhadap pola curah hujan, kenaikan suhu dan kenaikan muka air. Dampak langsung terjadi pada daur hidrologi, pada daur hidrologi terdapat proses penguapan yang dipengaruhi oleh suhu, karena suhu merubah maka daur air  terganggu sehingga berdampak nyata terhadap sumberdaya air. 

0

Roboguru

Perhatikan diagram Berikut! Buatlah narasi berdasar alur diagram tersebut.

Pembahasan Soal:

Produksi pertanian sangat dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan iklim. Cuaca ekstrem sangat berpengaruh terhadap pertanian, kejadian ekstrem seperti banjir dan udara panas dapat sangat berpengaruh terhadap produksi. Lebih lanjut informasi cuaca terkait dengan suhu udara, curah hujan dan angin akan sangat berguna dalam penerapan strategi budidaya yang tepat. Perencanaan dibutuhkan dalam upaya adaptasi perubahan iklim, perubahan perwilayah tanaman, strategi budidaya dan pengelolaan air menjadi sangat penting untuk menghadapi perubahan iklim. Perubahan iklim yang sesuai dengan skala dan format waktu yang tepat untuk menyusun rencana adaptasi dalam sektor pertanian. Informasi karakteristik curah hujan menjadi hal yang paling dibutuhkan. Bentuk informasi tren curah hujan ekstrem, tren deret hari kering dan hujan sangat berguna dalam perencanaan pengelolaan sumber daya air yang sangat berkaitan dengan sektor pertanian. Selain itu informasi tren panjang musim dan pergeseran awal musim sangat berguna dalam perwilayahan kesesuaian tanaman dan perencanaan strategi budidaya tanaman.

0

Roboguru

Meningkatnya emisi gas rumah kaca dapat mengakibatkan terjadinya perubahan iklim global. Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan permasalahan di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Cara mengatasi pemanasan global akibat efek rumah kaca :

  1. Membudayakan sikap hemat listrik
  2. Menanam pohon sebanyak mungkin dan menjaga hutan
  3. Kurangi penggunaan alat transportasi berbahan bakar minyak
  4. Mengolah sampah dengan baik
  5. Kurangi penggunaan alat yang menggunakan CFC
  6. Menerapkan sistem budidaya pertanian dan peternakan yang baik

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka jawaban yang tepat dalam upaya mengendalikan permasalahan meningkatnya emisi gas rumah kaca adalah dengan menanam pohon dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan.

0

Roboguru

Perhatikan diagram Berikut! Diskusikan dengan kelompok anda dampak perubahan iklim terhadap sektor pertanian....

Pembahasan Soal:

Perubahan iklim terjadi karena meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida dan gas-gas lainnya di atmosfer yang menyebabkan efek gas rumah kaca. Pengaruh perubahan iklim terhadap sektor pertanian bersifat multi­dimensional, mulai dari sumberdaya, infrastruktur pertanian, dan sistem produksi pertanian, hingga aspek ketahanan dan kemandirian pangan, serta kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved