Roboguru

Faktor-faktor yang memengaruhi rona antara lain .... Karakteristik objek Bahan yang digunakan Cuaca Waktu pemotretan

Pertanyaan

Faktor-faktor yang memengaruhi rona antara lain ....

  1. Karakteristik objek
  2. Bahan yang digunakan
  3. Cuaca
  4. Waktu pemotretan
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar.

  4. HANYA 4 yang benar.

  5. SEMUA pilihan benar.

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang memengaruhi rona, yaitu sebagai berikut. 

  1. karakteristik objek,
  2. bahan yang digunakan,
  3. pemrosesan emulsi, yang dapat diproses dengan hasil: redup (mat) , dan setengah redup (semimat) , gelap (glossy ),
  4. cuaca, dan
  5. letak objek dan waktu pemotretan. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

H. Argi

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Inventarisasi sumber daya alam dapat dilakukan dengan bantuan penafsiran citra penginderaan jauh. SEBA...

Pembahasan Soal:

Pemanfaatan citra penginderaan jauh dapat digunakan untuk menginventarisasi sumber daya alam, karena melalui penggunaan citra akan diperoleh gambaran objek permukaan bumi termasuk sumber daya alam dengan wujud dan posisi yang mirip dengan kenyataanya, relatif lengkap, dan dapat meliput wilayah yang luas. Citra inderaja dapat berbentuk citra optik (sensor pasif) dan citra radar (sensor aktif). Citra optik merupakan hasil rekaman dengan menggunakan kamera, sedangkan citra radar diperoleh melalui pemantulan gelombang radio. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Teknik interpretasi foto udara untuk memperoleh data lapangan harus memperhatikan .... Bentuk Rona Pola Tekstur

Pembahasan Soal:

Interpretasi citra merupakan proses mengkaji foto udara atau citra dengan maksud untuk mengidentifikasi dan menilai arti penting sebuah objek, sehingga diperoleh data lapangan. Teknik yang perlu diperhatikan dalam mengamati ketampakan objek dalam foto udara, yaitu sebagai berikut.

  1. rona,
  2. warna,
  3. bentuk,
  4. ukuran,
  5. tekstur,
  6. pola,
  7. bayangan,
  8. situs,
  9. asosiasi, dan
  10. konvergensi bukti.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Unsur interpretasi yang digunakan untuk mengidentifikasi lahan perkebunan kelapa sawit melalui foto udara hitam putih adalah ... Tekstur Bentuk Pola Rona

Pembahasan Soal:

Proses interpretasi citra penginderaan jauh membutuhkan aspek rona dan warna. Rona adalah tingkat kegelapan atau kecerahan objek pada citra. Rona dibedakan atas lima tingkat yaitu putih, kelabu putih, kelabu, kelabu hitam dan hitam. Karakteristik objek yang memengaruhi rona antara lain permukaan yang kasar, warna objek yang gelap, dan objek yang masih basah atau lembap cenderung menimbulkan rona gelap. Oleh karena itu, cara kerja rona dalam mengidentifikasi suatu objek melalui foto udara hitam putih.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka unsur interpretasi yang digunakan untuk mengidentifikasi lahan perkebunan kelapa sawit melalui foto udara hitam putih adalah rona.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Sistem informasi geografis mempunyai data dasar grafis dan nirgrafis. SEBAB Data dasar grafis mempuny...

Pembahasan Soal:

Sistem informasi geografis mempunyai data dasar grafis (data spasial) dan data nirgrafis (data atribut). Data spasial adalah data yang memiliki referensi atau koordinat grafis, sedangkan data atribut adalah data yang memberi penjelasan mengenai setiap objek, fenomena, atau informasi di permukaan bumi. Data dasar grafis (data spasial) merupakan representasi sebuah objek di permukaan bumi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Setiap warna pada citra satelit memberikan makna tertentu. SEBAB Warna sangat dipengaruhi oleh perbedaa...

Pembahasan Soal:

Setiap warna dalam citra satelit memberikan makna tertentu. Warna hijau mengindentifikasi adanya vegetasi dan makin hijau warnanya berarti vegetasinya semakin lebat (hutan). Warna biru menunjukkan adanya kenampakan air. dan semakin biru atau biru kehitaman berarti wilayah tersebut tergenang (water body). Jika warna biru ada kesan petak-petak yang ukurannya lebih besar dan lokasinya dekat dengan garis pantai berarti areal tersebut adalah areal tambak. Unsur pola dan site/lokasi dapat digunakan untuk membantu mengenali jenis penggunaan lahan dan tanaman/vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut. Sebagai contoh. bila ada kenampakan hijau (warna) pada wilayah berpetak-petak (pola) yang lokasinya di wilayah dataran (lokasi). hal itu mengidentifikasikan adanya lahan sawah yang ditanami padi. Warna hijau (vegetasi) pada wilayah berpola aliran radial sentrifugal menunjukkan adanya vegetasi/tanaman tahunan atau hutan yang tumbuh di daerah berlereng (berbukit-bergunung). Adapun warna sangat dipengaruhi oleh reflektansi yang berbeda dan setiap vegetasi atau tanaman dapat memberikan warna alami (true colour) maupun warna semu (false colour). Jadi, warna tidak dipengaruhi oleh perbedaan gelap terangnya suatu objek yang dipengaruhi oleh tingkat kelembapannya. Jadi. pernyataan benar dan alasan salah.

Jadi jawaban yang benar adalah C. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved