Roboguru

Faktor-faktor biotik yang memengaruhi kehidupan di muka bumi adalah ...

Pertanyaan

Faktor-faktor biotik yang memengaruhi kehidupan di muka bumi adalah ...

  1. angin, temperatur, dan tekanan

  2. cuaca, iklim, dan tanah

  3. tanah, iklim, dan relief

  4. flora, fauna, dan manusia

  5. manusia, tanah, dan iklim

Pembahasan Soal:

Biotik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup. Manusia merupakan salah satu bagian dari faktor biotik yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap tatanan kehidupan di muka bumi. Selain manusia, faktor biotik lainya ada tumbuh-tumbuhan dan juga hewan. Dengan demikan dapat disimpulkan bahwa faktor biotik terdiri dari makhluk hidup yang ada di bumi, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. FL

Terakhir diupdate 12 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan wacana berikut! Daerah pesisir Pulau Bali, tepatnya di Pantai Mertasari, mengalami kerusakan sedimentasi menyebabkan timbunan tanah menghalangi air laut dan merendam mangrove.  Sumber: ht...

Pembahasan Soal:

Hutan mangrove memiliki peran yang sangat penting dan fungsinya baik secara langsung maupun tidak langusung bagi lingkungan sekitar khususnya bagi penduduk pesisir. Fungsi hutan mangrove adalah sebagai berikut.

  1. Mencegah intrusi air laut;
  2. Mencegah erosi dan abrasi pantai;
  3. Sebagai tempat hidup dan sumber makanan; dan
  4. Sebagai pencegah dan penyaring alami.

Jika mangrove rusak dikarenakan tidak terendam air laut akibat sedimentasi dan tertumpuk sampah, akan berdampak rusaknya fungsi mangrove sebagai pelindung pantai dan meningkatnya risiko abrasi pantai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space 

0

Roboguru

Bukti bahwa manusia ikut berperan dalam persebaran flora dan fauna di permukaan bumi yaitu ....

Pembahasan Soal:

Persebaran flora dan fauna dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu seperi faktor iklim, faktor fisik, faktor edafik, dan faktor biotik meliputi manusia. Manusia sebagai faktor biotik memiliki dua peran yaitu sebagai penjaga atau pelestari lingkungan dan merusak lingkungan. 

Bukti bahwa manusia ikut berperan dalam persebaran flora dan fauna yaitu adanya penguin dan beruang kutub di kebun binatang di Indonesia atau adanya orang utan dan Badak sumatera di kebun binatang di Inggris ataupun Turki hal ini tentunya atas peran serta manusia untuk memindahkan satwa dan membuat ekosistem buatan di tempat yang baru.

1

Roboguru

Proses penyaringan di suatu lingkungan hidup, sehingga bagi makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi akan punah dan hanya makhluk hidup yang mampu beradaptasi saja yang dapat bertahan hidup adalah p...

Pembahasan Soal:

Flora dan fauna di muka bumi terdiri dari beragam jenis dan tersebar di seluruh dunia. Namun penyebaran flora dan fauna di muka bumi tidak merata di satu tempat dengan tempat lainnya. Hal ini disebabkan beberapa faktor, yaitu:

  • Faktor iklim. Flora dan fauna dapat tumbuh dengan baik sesuai suhu, cuaca, dan iklim tertentu.
  • Faktor fisiografi atau kondisi fisik muka bumi.
  • Adaptasi, yaitu kemampuan makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya.
  • Terjadinya seleksi alam, yaitu Proses penyaringan di suatu lingkungan hidup, sehingga bagi makhluk hidup yang tidak mampu beradaptasi akan punah dan hanya makhluk hidup yang mampu beradaptasi saja yang dapat bertahan hidup.
  • Tersedianya makanan. Jika tersedia banyak makanan, maka flora dan fauna tetap dapat bertahan hidup. Jika kekurangan, maka flora dan fauna dapat punah.
  • Kelompok hidup flora dan fauna. 
  • Intervensi manusia.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space space 

0

Roboguru

Suksesi primer dapat terjadi pada beberapa kondisi berikut ini, misalnya ….

Pembahasan Soal:

Suksesi primer merupakan jenis suksesi ekologis yang terjadi di lahan-lahan baru di mana kehidupan belum ada atau telah hancur total tanpa menyisakan komunitas asalnya. Suksesi ini dapat dimulai dari bongkahan batu pada pulau yang baru timbul, delta yang baru terbentuk, danau baru dan sebagainya. Hal tersebut dapat terjadi karena pelapukan batuan pada ekosistem yang rusak total karena pengaruh iklim mengandung bahan mineral dan organik yang dapat ditumbuhi oleh tumbuhan pioner seperti lumut kerak dan algae.undefined undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Faktor-faktor yang memengaruhi persebaran flora atau fauna di muka bumi adalah ....

Pembahasan Soal:

Faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna yakni sebagai berikut.

  1. Faktor klimatik
    Faktor klimatik adalah salah satu faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna. Unsur-unsur iklim yang berpengaruh yakni suhu, kelembaban udara, angin, curah hujan, dan sinar matahari. 
  2. Faktor edafik atau tanah
    Faktor yang berkaitan dengan struktur dan komposisi tanah yang ditemukan di daerah tertentu. Faktor yang merupakan faktor edafik yakni kedalaman tanah, jenis tanah, dan tingkat kesuburan tanah.
  3. Faktor fisiografi
    Fisiografi merupakan faktor lingkungan yang memengaruhi kondisi yang berlaku di suatu habitat dan distribusi tumbuhan dan hewan. Faktor ini berkaitan dengan topografi atau bentuk permukaan tanah, seperti ketinggian, kemiringan, drainase, dan tingkat erosi tanah. Fisiografi berpengaruh terhadap kondisi iklim lokal dan edafik yang ditimbulkan
  4. Faktor biotik adalah mahkluk hidup itu sendiri, yaitu hewan, tumbuhan, manusia, dan organisme lainnya. Manusia adalah makhluk yang dapat merubah tata hidup lingkungan, salah satunya pemanasan global yang terjadi akibat aktivitas manusia yang dapat merubah iklim secara cepat dan mengakibat es di kutub mencair lebih cepat. 

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved