Iklan

Iklan

Pertanyaan

Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia?

Faktor-faktor apa sajakah yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia?

Iklan

I. Agung

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

faktor yang mendorong Portugis dalam menemukan pusat rempah-rempah adalah jatuhnya Konstantinopel, adanya kemajuan teknologi maritim, serta munculnya hasrat dalam menjalankan program 3G.

faktor yang mendorong Portugis dalam menemukan pusat rempah-rempah adalah jatuhnya Konstantinopel, adanya kemajuan teknologi maritim, serta munculnya hasrat dalam menjalankan program 3G. 

Iklan

Pembahasan

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453 berdampak pada ditutupnya akses perdagangan rempah-rempah bangsa Eropa di kawasan Laut Tengah. Hal tersebut mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan Samudera. Salah satu bangsa yang dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudera adalah Portugis. Berikut ini adalah faktor yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia adalah sebagai berikut. Ditaklukkannya kota Konstantinopel oleh Turki Utsmani pada 1453 sehingga berakibat pada tingginya harga rempa-rempah di Eropa. Ditemukannya alat navigasi dan teknologi perkapalan lainnya sehingga mendorong minat dalam mencari pusat rempah-rempah. Adanya hasrat untuk melakukan program 3G (Gold, Glory, Gospel) dalam mencari kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen ke dunia. Dengan demikian, faktor yang mendorong Portugis dalam menemukan pusat rempah-rempah adalah jatuhnya Konstantinopel, adanya kemajuan teknologi maritim, serta munculnya hasrat dalam menjalankan program 3G.

Jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani pada tahun 1453 berdampak pada ditutupnya akses perdagangan rempah-rempah bangsa Eropa di kawasan Laut Tengah. Hal tersebut mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk melakukan penjelajahan Samudera. Salah satu bangsa yang dianggap sebagai pelopor penjelajahan samudera adalah Portugis. Berikut ini adalah faktor yang mendorong bangsa Portugis ingin menemukan pusat rempah-rempah di Asia adalah sebagai berikut.

  1. Ditaklukkannya kota Konstantinopel oleh Turki Utsmani pada 1453 sehingga berakibat pada tingginya harga rempa-rempah di Eropa.
  2. Ditemukannya alat navigasi dan teknologi perkapalan lainnya sehingga mendorong minat dalam mencari pusat rempah-rempah.
  3. Adanya hasrat untuk melakukan program 3G (Gold, Glory, Gospel) dalam mencari kekayaan, kejayaan, dan menyebarkan agama Kristen ke dunia.

Dengan demikian, faktor yang mendorong Portugis dalam menemukan pusat rempah-rempah adalah jatuhnya Konstantinopel, adanya kemajuan teknologi maritim, serta munculnya hasrat dalam menjalankan program 3G. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

78

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar belakang dan faktor pendorong kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Asia adalah sebagai berikut, kecuali...

419

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia