Roboguru

Faktor apa yang menyebabkan kekurangannya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup?

Pertanyaan

Faktor apa yang menyebabkan kekurangannya atau tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup?undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Tidak terpenuhinya sebagian atau seluruh kebutuhan untuk hidup adalah salah satu dampak dari terjadinya kelangkaan. Kelangkaan merupakan sebuah kondisi ketika adanya keterbatasan terhadap jumlah alat pemuas kebutuhan yang tidak mampu memenuhi permintaan terhadap kebutuhan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya kelangkaan, yaitu:

  1. Letak geografis
    Letak geografis akan mempengaruhi ketersediaan jumlah sumber daya alam yang ada, sehingga memungkinkan terjadinya kelangkaan terhadap suatu komoditas pada wilayah tertentu
  2. Tingkat kependudukan meningkat
    Semakin tingginya jumlah populasi manusia maka kebutuhan juga akan meningkan, namun tidak dapat diimbangi dengan jumlah sumber daya alam yang terbatas mengakibatkan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran terhadap kebutuhan.
  3. Tingkat produksi rendah
    Produktivitas yang rendah akan mengakibatkan jumlah alat pemuas kebutuhan menjadi langka dan kekurangan sehingga tidak dapat memenuhi jumlah permintaan.
  4. Bencana
    Faktor dari bencana dapat dibagi menjadi dua, bisa dari bencana alam ataupun bencana yang disebabkan oleh konflik kemanusiaan. Ketika bencana alam terjadi tentu dapat merusak atau bahkan menghilangkan sumber daya alam yang tersedia, sedangkan bencana karena konflik dapat membuat kegiatan produksi menjadi menurun sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved