Roboguru

Fakta yang mendasari lahirnya teori yang menyatakan bahwa Islam masuk di Indonesia pada abad ke 13-14 Masehi, adalah ...

Pertanyaan

Fakta yang mendasari lahirnya teori yang menyatakan bahwa Islam masuk di Indonesia pada abad ke 13-14 Masehi, adalah ...

  1. Keberadaan perkampungan Arab di pusat kerajaan Sriwijaya

  2. Tulisan pada batu nisan yang ditemukan di Pasai

  3. Informasi berdasarkan berita perjalanan Pangeran Gunavarman

  4. Adanya persamaan tradisi muslim Persia dan Indonesia

Pembahasan Soal:

Menurut Teori Gujarat Islam masuk ke Nusantara  sekitar abad ke-13 dan dibawa oleh para pedagang Gujarat. Hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan batu nisan makam Sultan Malik Al-Saleh (Sultan Samudra Pasai) yang bercorak Gujarat, India. Teori ini didukung oleh Snouck Hurgronje, W.F. Sutterheim, dan B.H.M. Vlekke.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berdasarkan batu nisan kuno yang ditemukan di Indonesia diperkirakan agama Islam dibawa masuk oleh pedagang dari ....

Pembahasan Soal:

Proses Islamisasi di Indonesia didasarkan pada beberapa teori, salah satunya teori Gujarat. Dalam teori ini, Islam masuk ke Nusantara pada abad ke-13 M dari pedagang India Muslim. Teori ini dikemukakan oleh Pijnappel dan Snouck Hurgronje yang mengatakan bahwa asal muasal Islam dari Gujarat dan Malabar. Pendapat tersebut didasarkan pada penemuan batu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang wafat di Pasai pada 1297 M serta batu nisan Maulana Malik Ibrahim yang wafat pada 1419 di Gresik. Kedua batu nisan tersebut memiliki bentuk serta ukiran yang sama dengan batu nisan di Kambay, Gujarat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan Teori Gujarat mengenai masuknya agama Islam di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Teori Gujarat beranggapan bahwa agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka. Teori ini menjelaskan bahwa kedatangan Islam ke Nusantara sekitar abad ke 13, melalui kontak para pedagang dan kerajaan Samudera Pasai yang menguasai selat Malaka pada saat itu. Teori ini juga diperkuat dengan penemuan makam Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh pada tahun 1297 yang bercorak Gujarat. Teori Gujarat dikemukakan oleh S. Hurgronje dan J. Pijnapel.

Dengan demikian yang dimaksud teori Gujarat adalah masuknya agama dan kebudayaan Islam yang dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat ke Nusantara sekitar abad ke 13.

0

Roboguru

Kedatangan Islam ke berbagai daerah di Indonesia tidak dalam waktu yang bersamaan. Hal itu terjadi karena kondisi budaya, sosial, dan politik di daerah-daerah di Indonesia. Salah satu pendapat menyata...

Pembahasan Soal:

Masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonsia membuat para ahli memiliki pendapatnya masing-masing mengenai awal mula masuknya Islam ke Indonesia berdasarkan bukti-bukti yang ditemukan. Terdapat empat teori terkait hal tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Teori Gujarat
    Teori ini dikemukakan oleh S. Hurgronje dan J. Pijnapel. Menurut teori ini, agama dan kebudayaan Islam dibawa oleh para pedagang dari daerah Gujarat, India yang berlayar melewati selat Malaka sekitar abad ke-13 M.
  2. Teori Mekah
    Teori ini dikemukakan oleh Van Leur, Anthony H. Johns, T.W. Arnold, dan Buya Hamka. Menurut teori ini, Islam dibawa langsung oleh para musafir Arab pada abad ke-7 M.
  3. Teori Persia
    Teori ini dikemukakan oleh Umar Amir Husen dan Hoesein Djajadiningrat. Mereka berpendapat bahwa Islam masuk ke Nusantara melalui para pedagang dari Persia.
  4. Teori Cina
    Teori ini dikemukakan oleh Slamet Mulyana dan Sumanto Al-Qurtuby. Mereka berpendapat bahwa sebenarnya kebudayaan Islam masuk melalui perantara masyarakat muslim China yang bermigrasi dari Kanton pada abad ke-9 M. 

Teori yang mendukung Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13 adalah teori Gujarat. Teori ini diperkuat dengan penemuan makam Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh pada tahun 1297 yang bercorak Gujarat. Selain itu terdapat pula catatan Marcopolo yang singgah di Sumatera pada 1292. Marcopolo menyatakan adanya masyarakat muslim di Perlak akhir abad ke-13 M.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Agama Islam di Nusantara diperkirakan berasal dari wilayah Gujarat, hal ini dibuktikan dengan.....

Pembahasan Soal:

Agama Islam di Nusantara diperkirakan berasal dari wilayah Gujarat merupakan salah satu teori yang didukung oleh Snouck Hurgronje. Selat Malaka yang saat itu termasuk rute pelayaran dan perdagangan penting mungkin digunakan oleh pedagang muslim untuk berdagang sejak sebelum abad ke-13 M. Bahkan pada abad ke-11 M, di sekitar pantai barat Sumatera yaitu di daerah Barus, telah ada gudang penyimpanan milik para pedagang Tamil.Tamil merupakan salah satu suku yang terdapat di India. Artinya orang-orang Tamil sudah membentuk pemukiman bahkan mereka sudah mendirikan gudang senjata.

0

Roboguru

Salah satu bukti pendukung Teori Gujarat adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu bukti pendukung Teori Gujarat adalah tulisan Marco Polo, seorang penjelajah dari Venesia. Marco Polo menyatakan pernah singgah di daerah Perlak pada tahun 1292. Ketika ia sampai di Perlak, ia bertemu dengan penduduk Perlak, sebuah daerah di Aceh bagian timur, yang beragama Islam. Ternyata, ketika itu terdapat peran pedagang India juga dalam penyebaran agama Islam di daerah Perlak.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved