Iklan

Iklan

Pertanyaan

Evolusi merupakan salah satu bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Dalam evolusi terdapat teori yang menjelaskan tentang perkembangan manusia. Teori yang memfokuskan pada penelitian terhadap tahap-tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat ialah ...

Evolusi merupakan salah satu bentuk perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Dalam evolusi terdapat teori yang menjelaskan tentang perkembangan manusia. Teori yang memfokuskan pada penelitian terhadap tahap-tahap perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat ialah ...

  1. universal theory of evolusion

  2. demonstration effect


  3. unilinear theory of evolusion


  4. multilined theories of evolusion


  5. cultural animosity

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Salah satu bentuk perubahan sosial berupa perubahan lambat (evolusi) merupakan perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa direncana. Hal ini diakibatkan dari adanya usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi yang baru muncul mengikuti pertumbuhan masyarakat. Teori evolusi terbagi menjadi tiga bentuk. Bentuk tersebut adalah sebagai berikut. Unilinear Theory of Evolution. Dalam teori ini dijelaskan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut berawal dari yang paling sederhana, kompleks, dan sempurna. Universal Theory of Evolution. Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap tertentu yang tetap. Multilined Theories of Evolution. Teori ini memfokuskan pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap atau fenomena-fenomena perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat.

Salah satu bentuk perubahan sosial berupa perubahan lambat (evolusi) merupakan perubahan yang lama dengan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Dalam evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa direncana. Hal ini diakibatkan dari adanya usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan, keadaan, dan kondisi yang baru muncul mengikuti pertumbuhan masyarakat.

Teori evolusi terbagi menjadi tiga bentuk. Bentuk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Unilinear Theory of Evolution. Dalam teori ini dijelaskan bahwa manusia dan masyarakat mengalami perkembangan sesuai tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut berawal dari yang paling sederhana, kompleks, dan sempurna.
  2. Universal Theory of Evolution. Teori ini menyatakan bahwa perkembangan masyarakat tidak perlu melalui tahap tertentu yang tetap.
  3. Multilined Theories of Evolution. Teori ini memfokuskan pada penelitian-penelitian terhadap tahap-tahap atau fenomena-fenomena perkembangan tertentu dalam evolusi masyarakat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

87

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kita dapat mengetahui pengaruh perubahan sistem mata pencaharian dari sistem pertanian ke industri terhadap sistem kekeluargaan dalam masyarakat. Kita juga dapat mengetahui pengaruh perubahan sistem t...

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia