Roboguru

Es krim berbeda dengan es lilin. Teksturnya lebih lembut jika dibandingkan dengan es lilin. Termasuk jenis koloid apakah es krim?Mengapa dikategorikan jenis koloid tersebut?

Pertanyaan

Es krim berbeda dengan es lilin. Teksturnya lebih lembut jika dibandingkan dengan es lilin. Termasuk jenis koloid apakah es krim?spaceMengapa dikategorikan jenis koloid tersebut?

Pembahasan Soal:

Koloid adalah campuran dengan ukuran partikel berkisar antara 1-100 nm. Koloid tergolong campuran heterogen dan merupakan sistem dua fasa, yaitu fasa pendispersi (pelarut) dan fasa terdispersispace(terlarut).

Es krim merupakan buih setengah beku yang mengandung lemak teremulsi dan udara. Sel-sel udara yang ada berperan untuk memberikan tekstur lembut pada es krim tersebut. Tanpa adanya udara, emulsi beku tersebut akan menjadi terlalu dingin dan terlalu berlemak. Dalam pembuatan es krim terjadi 2 proses koloid,spaceyaitu:

  • Emulsi cair
    Emulsi cair adalah dimana suatu zat cair terdispersi dalam zat cair. Hal ini dibuktikan yaitu pencampuran lemak dengan air. Kandungan lemak dan air yang terkandung dalam susu.
  • Buih cair
    Buih cair adalah dimana suatu gas terdispersi dalam zat cair. Hal ini dibuktikan dengan pencampuran krim hasil pencampuran telur dan gula yang menghasilkan busa dan mencampurkan campuran tersebut kedalam zat cair yang berupaspacesusu.

Koloid pelindung adalah koloid yang bersifat melindungi koloid lain agar tidak mengalami koagulasi sehingga koloid menjadi lebih stabil. Pada pembuatan es krim digunakan gelatin untuk mencegah pembentukan kristal besar es atauspacegula.

Jadi, es krim termasuk jenis koloid emulsi cair dan buih cair karena pada pembuatan es krim digunakan gelatin (koloid pelindung) untuk mencegah pembentukan kristal besar es atauspacegula.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 02 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved