Roboguru

Erosi yng menyebabkan lembah sungai semakin dalam, bila terjadi dalam waktu yang lama akan membentuk ngarai yang dalam merupakan jenis erosi...

Pertanyaan

Erosi yng menyebabkan lembah sungai semakin dalam, bila terjadi dalam waktu yang lama akan membentuk ngarai yang dalam merupakan jenis erosi... 

  1. lembar

  2. parit

  3. tebing sungai

  4. mudik

  5. badan sungai

Pembahasan Soal:

Selain terjadi di permukaan tanah, erosi juga dapat terjadi di sepanjang aliran sungai, yaitu:

  1. Erosi tebing sungai. Dinding sungai hingga badan sungai mengalami erosi sehingga sungai bertambah Iebar.
  2. Erosi mudik. Erosi pada air terjun yang menyebabkan lokasi air terjun semakin mundur.
  3. Erosi badan sungai. Erosi badan sungai berlangsung ke arah dasar sungai sehingga lembah sungai menjadi semakin dalam. Jika berlangsung dalam waktu yang lama, akan membentuk ngarai yang dalam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lapisan paling atas tanah yang terdiri dari bahan humus hilang terkikis oleh air, merupakan erosi…

Pembahasan Soal:

Gerakan air, baik yang di permukaan tanah maupun di dalam tanah, dapat menyebabkan erosi. Erosi batuan oleh air mengalami empat tingkatan, yaitu:

  1. Erosi percik. Biasanya disebabkan oleh percikan air hujan.
  2. Erosi lembar. Pada tahap kedua ini, lapisan paling atas tanah yang terdiri atas bahan humus hilang terkikis oleh air.
  3. Erosi alur. Jika tahap kedua terus berlangsung secara terus menerus, lama-kelamaan tanah akan membentuk alur-alur yang searah dengan kemiringan lerengnya.
  4. Erosi parit. Pada tahap terakhir, alur-alur erosi akan membentuk huruf U atau V. Biasanya terjadi pada wilayah yang memiliki tingkat kelerengan tinggi dan vegetasi yang sedikit.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Apa yg di maksud dengan pelapukan, erosi, sedimentasi dan mass wasting?

Pembahasan Soal:

Pelapukan adalah sebuah peristiwa hancurnya massa batuan, baik itu secara kimiawi, fisika ataupun biologi.

Erosi merupakan proses peristiwa pengikisan permukaan bumi yang disebabkan oleh media yang bergerak seperti angin, gelombang air laut, air ataupun gletser. 

Sedimentasi adalah proses pengendapan material hasil erosi di tempat tertentu. Bahan yang terendap tersebut dapat disebabkan oleh banyak kondisi, misalnya material yang terbawa angin, terbawa aliran air, atau terbawa gletser. 

Masswasting merupakan pergerakan massa batuan hasil pelapukan atau sedimentasi yang menuruni lerengan dikarenakan pengaruh gravitasi. Masswasting dapat merubah bentang alam jika terjadi dalam skala yang besar. Contohnya tanah longsor.undefined 
 

0

Roboguru

Erosi dapat disebabkan oleh air, misalnya di sungai. Dalam kurun waktu tertentu, erosi tersebut dapat membentuk ... yang menyebabkan alur sungai ....

Pembahasan Soal:

Erosi di aliran sungai dapat membentuk tebing-tebing pinggir sungai yang menyebabkan alur sungai melebar. Pengikisan tanah pada tebing sungai, penggerusan dasar sungai oleh aliran air sungai atau terjangan aliran sungai yang kuat pada daerah belokan sungai. 

0

Roboguru

Jelaskan 5 bentukkan alam hasil dari proses pengikisan!

Pembahasan Soal:

Bentukkan alam hasil dari proses pengikisan adalah sebagai berikut.

  • Cliff
    Cliff
    terbentuk oleh proses pengikisan marine, karena gelombang melemahkan batuan di pantai. Pada awalnya gelombang meretakan batuan di pantai. Akhirnya, retakan semakin membesar dan membentuk notch yang semakin dalam akan membentuk gua. Akibat diterjang gelombang secara terus menerus mengakibatkan atap gua runtuh dan membentuk cliff dan wave cut playform.
  • Fyord
    Fyord terbentuk karena pengikisan yang dilakukan oleh gletser (lapisan es) di daerah pegunungan. Pengikisan ini terjadi di daerah yang memiliki empat musim. Pada saat musim semi, terjadi erosi oleh gletser yang meluncur menuruni lembah. Akibatnya lereng menjadi lebih terjal dan pantai dengan dinding yang berkelok kelok.
  • Tanah loss
    Pengikisan oleh angin banyak terjadi di daerah gurun atau di daerah yang beriklim kering. Jika angin dan pasir mengikis batu batuan yang dilaluinya maka akan membentuk batu cendawan di gunung pasir, kemudian disebut tanah loss
  • Lembah berbentuk V
    Apabila kecepatan aliran air di dasar sungai cepat maka akan terjadi pengikisan di dasar sungai capat maka akan terjadi pengikisan di dasar sungai atau sering di sebut erosi vertikal. Hasil erosi vertikal, sungai semakin lama semakin dalam, sehingga membentuk huruf V.    
  • Jurang
    Jurang terbentuk jika pengikisan terjadi pada lapisan permukaan yang mudah terkikis oleh air, ketika proses erosi veritikal terus berlangsung. Erosi vertical berlangsung lebih cepat dibandingkan erosi ke samping. Akibatnya, dinding sungai sangat miring atau curam. Batuan resisten yang ada di kanan kiri sungai cenderung vertical dan dasar sungai dalam.bahan yang resisten adalah batuan yang keras dan tidak mudah terkikis air.undefined 

0

Roboguru

Apa perbedaan dari erosi dan abrasi?

Pembahasan Soal:

Erosi adalah fenomena pengangkutan suatu zat dari satu tempat ke tempat lain. Erosi dapat terjadi secara alami maupun akibat aitvitas manusia. Erosi secara alami dipengaruhi oleh angin, air, es, gravitasi, dan organisme. Sedangkan faktor manusia seperti penggundulan hutan.

Abrasi adalah hilangnya daratan di wilayah pesisir akibat faktor alami dan manusia. Faktor alami berupa arus laut, gelombang, kondisi morfologi pantai, dan vegetasi pantai. Sedangkan faktor yang disebabkan aktivitas manusia adalah bangunan di pantai, rusaknya terumbu karang, penebangan atau penggunaan sabuk pantai seperti mangrove dan break water (pemecah gelombang) untuk kepentingan lain seperti lokasi budidaya atau fasilitas lainnya.space 

Perbedaan dari erosi dan abrasi adalah faktor alami yang mempengaruhi terjadinya peristiwa tersebut.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved