Roboguru

Pertanyaan

Erosi tanah potensial terjadi pada daerah berikut ini....

(1) kerapatan vegetasi rendah

(2) sudut lereng >15%

(3) bahan organik yang rendah

(4) struktur tanah yang kokoh

  1. Jika (1), (2), dan (3) yang benar

  2. Jika (1) dan (3) yang benar

  3. Jika (2) dan (4) yang benar

  4. Jika hanya (4) yang benar

  5. Jika semua jawaban benar

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A. Tanah yang memiliki potensi erosi yang tinggi adalah tanah dengan kerapatan vegetasi rendah, kemiringan lereng lebih dari 15%, dan miskin unsur organik. Semakin sedikit tumbuhan yang hidup pada sebidang tanah, maka potensi erosi tanah tersebutr akan semakin tinggi. Erosi juga dipengaruhi oleh gradien kemiringan lereng, di mana semakin miring suatu lereng, maka intensitas erosinya akan semakin tinggi. Faktor lain yang berpengaruh terhadap erosi adalah keberadaan bahan organik. Keberadaan material organik seperti serasah di atas permukaan tanah dapat berfungsi untuk mencegah laju erosi. 

Pembahasan

Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya) akibat hal-hal tertentu, seperti: (a) transportasi angin, air, atau es, (b) karakteristik hujan, (c) creep (rayapan) pada tanah dan material lain di bawah pengaruh gravitasi (lebih dipengaruhi oleh kemiringan lereng), (d) kerapatan vegetasi, atau (e) oleh makhluk hidup semisal hewan yang membuat liang (dalam hal ini disebut bio-erosi). Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. Tanah yang memiliki potensi erosi yang tinggi adalah tanah dengan kerapatan vegetasi rendah, kemiringan lereng lebih dari 15%, dan miskin unsur organik. Semakin sedikit tumbuhan yang hidup pada sebidang tanah, maka potensi erosi tanah tersebutr akan semakin tinggi. Erosi juga dipengaruhi oleh gradien kemiringan lereng, di mana semakin miring suatu lereng, maka intensitas erosinya akan semakin tinggi. Faktor lain yang berpengaruh terhadap erosi adalah keberadaan bahan organik. Keberadaan material organik seperti serasah di atas permukaan tanah dapat berfungsi untuk mencegah laju erosi. 

216

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Erosi tanah potensial terjadi pada daerah berikut ini.... Kerapatan vegetasi rendah Sudut lereng > 15% Bahan organik yang rendah Struktur tanah yang kokoh

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia