Iklan

Iklan

Pertanyaan

Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antargumuk pasir adalah ….

Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antargumuk pasir adalah ….

  1. abrasi

  2. ablasi

  3. deflasi

  4. eksarasi

  5. korosi

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Erosi merupakan proses terjadinya pengikisan tanah di bagian- bagian tertentu.Beberapa jenis erosi berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut: a. Ablasi: pengikisan tanah oleh aliran air. b. Deflasi: pengikisan tanah oleh hembusan angin. Contohnya adalah angin laut yang berhembus dari laut ke darat dapat mengikis batuan dan juga pasir. c. Korosi: pengikisan tanah oleh hembusan angin yang membawa pasir. Contohnya adalah angin pembawa butiran pasir ini mengenai bagian tertentu pada batuan sehingga membuat batuan tersebut melapuk dan juga terkikis. d. Abrasi: pengikisan tanah oleh gelombang laut yang mengikis daerah pantai. Abrasihanya terjadi di daerah pantai. e. Eksarasi: pengikisan tanah oleh gerakan es yang mencair atau disebut gletser. Contohnya, air dari es yang mencair dari puncak gunung salju akan mengikis permukaan gunung di sepanjang jalur yang dilaluinya. Dalam contoh kasus pada soal, erosi yang terjadi diesbabkan oleh angin. Angin yang berhembus membawa material pasir yang kemudian membentuk cekungan dan menumpuk material pasir, sehingga terbentuklah gumuk pasir. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Erosi merupakan proses terjadinya pengikisan tanah di bagian- bagian tertentu. Beberapa jenis erosi berdasarkan penyebabnya adalah sebagai berikut:
a.    Ablasi: pengikisan tanah oleh aliran air.
b.    Deflasi: pengikisan tanah oleh hembusan angin. Contohnya adalah angin laut yang berhembus dari laut ke darat dapat mengikis batuan dan juga pasir.
c.    Korosi: pengikisan tanah oleh hembusan angin yang membawa pasir. Contohnya adalah angin pembawa butiran pasir ini mengenai bagian tertentu pada batuan sehingga membuat batuan tersebut melapuk dan juga terkikis.
d.    Abrasi: pengikisan tanah oleh gelombang laut yang mengikis daerah pantai. Abrasi hanya terjadi di daerah pantai.
e.    Eksarasi: pengikisan tanah oleh gerakan es yang mencair atau disebut gletser. Contohnya, air dari es yang mencair dari puncak gunung salju akan mengikis permukaan gunung di sepanjang jalur yang dilaluinya.
Dalam contoh kasus pada soal, erosi yang terjadi diesbabkan oleh angin. Angin yang berhembus membawa material pasir yang kemudian membentuk cekungan dan menumpuk material pasir, sehingga terbentuklah gumuk pasir. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

88

Torix Alfarezi

deflasi Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Erosi tanah di Parangtritis yang membentuk cekungan antargumuk pasir adalah …. (SBMPTN 2017)

12

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia