Iklan

Iklan

Pertanyaan

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak Iebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya rnelalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu. Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...

Episode kamuflase Kahono akhirnya sampai di titik akhir. Pencitraan diri yang dilakukannya menemui titik balik. Penampilan diri, tutur kata, dan kemurahan hati yang selama ini ditampilkannya telah terkelupas dan menampakkan keasliannya. Kahono tak Iebih sebagai tengkulak licik yang siap mencekik leher petani sayur di Karangsari menjadi sesak napas. Menghisap darah dan keringat para pejuang agraris itu demi kemakmuran hidupnya rnelalui cara yang tak dikenali masyarakat. Kini para petani pun menyadari bahwa selama ini mereka telah tertipu.
 

Amanat pada kutipan cerita tersebut adalah ...

  1. Jangan melakukan pencitraan diri yang membuat orang lain rugi.

  2. Jangan menilai hanya dari penampilan diri orang tersebut.

  3. Lindungilah para petani dari segala bentuk kejahatan.

  4. Jagalah kesuburan tanah untuk para petani di pedesaan.

Iklan

I. Yassa

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Amanat adalah pesan yang terdapatdalam sebuah cerita. Hal yang diceritakan dalam teks di atas adalah tentang para petani yang tertipu dengan tampilan luar Kahono yang baik dan murah hati. Hal yang dapat diambil dari teks di atas adalah bahwa kita tidak boleh menilai seseorang hanya dengan melihatpenampilannya. Orang yang berpenampilan baik, belum tentu memiliki sifat yang baik, begitu juga sebaliknya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Amanat adalah pesan yang terdapat dalam sebuah cerita. Hal yang diceritakan dalam teks di atas adalah tentang para petani yang tertipu dengan tampilan luar Kahono yang baik dan murah hati. Hal yang dapat diambil dari teks di atas adalah bahwa kita tidak boleh menilai seseorang hanya dengan melihat penampilannya. Orang yang berpenampilan baik, belum tentu memiliki sifat yang baik, begitu juga sebaliknya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

39

Aginta Ibrena

Makasih ❤️

Sevellin Aulia

Pembahasan terpotong Pembahasan tidak menjawab soal Jawaban tidak sesuai Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks cerita berikut untuk menjawab soal! Ketika Korep dan Carmi memasuki padang sampah, bau busuk belum begitu terasa. Sinar matahari masih terhambat pepohonan di sisi timur sehingga pa...

46

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia