Roboguru

Energi panas bumi disebut pula dengan energi…

Pertanyaan

Energi panas bumi disebut pula dengan energi…

Pembahasan Soal:

Energi panas bumi juga dikenal dengan nama energi geothermal. Menurut UU No. 27 Tahun 2003 tentang Panas Bumi, sumber daya panas bumi atau geothermal adalah suber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panas bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan yang dapat dimanfaatkan untuk pembangkitan tenaga listrik atau pemanfaatan langsung lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah energi geothermal.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Dirgantara

Terakhir diupdate 20 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Potensi energi panas burni (geothermal) di Indonesia tersebar di berbagai pulau di Indone­sia. Pulau besar yang paling sedikit merniliki potensi geotermal adalah Pulau Kalimantan. Hal ini disebabkan o...

Pembahasan Soal:

Menurut Undang – Undang Nomor 27 Tahun 2003 tentang panas bumi menjelaskan bahwa sumber energi panas bumi adalah panas yang terkandung didalam air panas, uap air, mineral batuan, dan gas yang tidak bisa dipisahkan secara genetik. Energi panas ini muncul melalui aktivitas vulkanik gunung api yang dipicu oleh aktivitas teknonisme. Sebagaimana yang kita ketahui pertemuan tiga lempeng besar dunia terdapat disebelah selatan Pulau Jawa, Sumatera, Bali, NTB, dan NTT atau berada jalur cincin api dunia sehingga gunung api lebih banyak kita jumpai pada wilayah tersebut. Sedangkan Pulau Kalimantan jauh dari aktivitas tektonisme sehingga tidak memiliki gunung api aktif dan minim potensi panas bumi.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Pulau Sumatra memiliki ..... lokasi yang berpotensi sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi.

Pembahasan Soal:

Di indonesia terdapat 252 lokasi panas bumi yang tersebar mengikuti jalur pegunungan api mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Maluku dan Sulawesi. Berdasarkan lokasinya, yaitu sekitar 80% lokasi panas bumi di Indonesia berasosiasi dengan sistem vulkanik aktif seperti Sumtra (81 lokasi), Jawa (71 lokasi), Bali dan Nusa Tenggara (27 lokasi), Maluku (15 lokasi) dan Sulwesi Utara (7 lokasi). Oleh karena itu, jawaban yang benar pada soal ini adalah opsi b.

0

Roboguru

Penggunaan energi panas bumi sebagai sumber energi alternatif merupakan bagian dari perwujudan ketahanan energi nasional. Lokasi potensi panas bumi di Indonesia berdekatan dengan gunungapi. Kondisi te...

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi panas bumi yang besar. Hal ini disebabkan karena letak Indonesia yang berada pada jalur pegunungan api di dunia dan berada pada wilayah pertemuan tiga lempeng tektonik dunia. Panas bumi dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk pembangkit listrik. Namun, ada kendala  yang ditemukan dalam proses pengembangan panas bumi sebagai sumber energi.

Sebagian besar lokasi panas bumi terletak di kawasan konservasi, sehingga untuk mengolah panas bumi tersebut dan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) membutuhkan izin dari pemerintah. Pembangunannya pun harus dilakukan dengan perencanaan yang matang agar tidak merusak kawasan konservasi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Wilayah Indonesia berada pada jalur gunung api aktif menyebabkan Indonesia memiliki sumber energi baru dan terbarukan berupa .....

Pembahasan Soal:

Indonesia berada pada jalur pegunungan api yang aktif. Oleh sebab itu, Indonesia kaya kan sumber energi baru dan terbarukan berupa panas bumi. Energi panas bumi ini dapat ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Apa itu geotermal?

Pembahasan Soal:

Geotermal adalah energi panas yang berasal dari dalam bumi akibat aktivitas tektonik. Geotermal juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved