Iklan

Iklan

Pertanyaan

Empat senyawa organik, yaitu propana, 1-propanol, propanal, dan asam propanoat memiliki titik didih, yaitu − 4 2 ∘ C , 4 8 ∘ C , 9 7 ∘ C , dan 14 1 ∘ C . Pasangkan senyawa tersebut dengan titik didihnya yang tepat. Jelaskan jawaban Anda!

Empat senyawa organik, yaitu propana, 1-propanol, propanal, dan asam propanoat memiliki titik didih, yaitu , dan .

Pasangkan senyawa tersebut dengan titik didihnya yang tepat. Jelaskan jawaban Anda!

Iklan

D. Vitama

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pasangan titik didih dan senyawanya yang tepat adalah propana , propanol , propanal , asam propanoat .

pasangan titik didih dan senyawanya yang tepat adalah propana bold left parenthesis bold minus bold 42 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, propanol bold left parenthesis bold 97 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, propanal bold left parenthesis bold 48 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, asam propanoat bold left parenthesis bold 141 bold space bold degree bold C bold right parenthesis.

Iklan

Pembahasan

Pasangan senyawa dengan titik didihnya adalah Propana memiliki titik didih terendah. Sedangkan propanol dan asam popnoat memiliki titik didih yang tinggi karena memiliki ikatan hidrogen ( ). Propana memiliki titik didih terendah karena rantainya yang pendek sehingga membutuhkan energi untuk memutuskan ikatannya. Propanal memiliki titik didih yang lebih tinggi dari propanakarena adanya ikatan rangkap pada propanal, sehingga membutuhkan energi yang lebih tinggi untuk memutuskan ikatan. Senyawa propanol memiliki titik didih yang tinggi karena adanya ikatan hidrogen yaitu ikatan antara H dan O, sedangkan asam propanoat memiliki titik didih paling tinggi karena adanya ikatan hidrogen dan ikatan rangkap, yang menyebabkan tingginya energi yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan. Jadi, pasangan titik didih dan senyawanya yang tepat adalah propana , propanol , propanal , asam propanoat .

Pasangan senyawa dengan titik didihnya adalah


  


Propana memiliki titik didih terendah. Sedangkan propanol dan asam popnoat memiliki titik didih yang tinggi karena memiliki ikatan hidrogen (H bond O). 

Propana memiliki titik didih terendah karena rantainya yang pendek sehingga membutuhkan energi untuk memutuskan ikatannya. Propanal memiliki titik didih yang lebih tinggi dari propana karena adanya ikatan rangkap pada propanal, sehingga membutuhkan energi yang lebih tinggi untuk memutuskan ikatan.

Senyawa propanol memiliki titik didih yang tinggi karena adanya ikatan hidrogen yaitu ikatan antara H dan O, sedangkan asam propanoat memiliki titik didih paling tinggi karena adanya ikatan hidrogen dan ikatan rangkap, yang menyebabkan tingginya energi yang dibutuhkan untuk memutuskan ikatan.

Jadi, pasangan titik didih dan senyawanya yang tepat adalah propana bold left parenthesis bold minus bold 42 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, propanol bold left parenthesis bold 97 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, propanal bold left parenthesis bold 48 bold space bold degree bold C bold right parenthesis, asam propanoat bold left parenthesis bold 141 bold space bold degree bold C bold right parenthesis.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

6

Yolanda Marbun

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa asam karboksilat mempunyai titik didih yang lebih tinggi dibandingkan dengan alkohol (dengan M r ​ yang hampir sama)?

16

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia