Roboguru

Embrio dewasa dan jaringan ekstraembionik berkembang dari ....

Pertanyaan

Embrio dewasa dan jaringan ekstraembionik berkembang dari ....space 

Pembahasan Soal:

Jaringan embrional adalah jaringan muda yang sel-selnya senantiasa membelah. Jaringan tersebut merupakan hasil pembelahan sel zigot pada fase embrionik. Fase embrionik merupakan fase yang dimulai dari terbentuknya zigot sampai berkembang menjadi embrio. Pembelahan dimulai dari morula, zigot akan mengalami pembelahan mitosis berulang kali menjadi 2, 4, 8, sampai 64 sel. Sel-sel yang terbentuk ini dinamakan blastomer. Balstomer bagian dalam akan membentuk inner cell mass. Inner cell mass yaitu sel utama yang nantinya membentuk embrio dewasa. Setelah morula akan terbentuk blastula. Blastulasi merupakan proses pembentukan blastula (blastosol). Blastokista (atau blastula) berkembang selama dua minggu setelah pecahnya zona pellucida. Blastokista terdiri dari sejumlah besar blastomer yang tersusun membentuk bola berongga (berisi cairan) mengandung inner cell mass (embryoblast), kumpulan sel yang terlokalisasi di dalam satu kutub di ujung dari blastula. Sel-sel permukaan blastokista disebut trofoblas, dan rongga cairannya disebut blastosol.  Trofoblas nantinya akan berkembang menjadi jaringan embrionik. Setelah proses blastulasi maka akan terjadi proses gastrulasi. Proses ini menghasilkan lapisan-lapisan jaringan embrional, yaitu lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm. Ketiga lapisan tersebut akan terspesialisasi menjasi organ-organ tertentu.

Dengan demikian, maka Embrio dewasa berkembang dari Inner cell mass, sedangkan jaringan ekstraembionik berkembang dari Trofoblas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 08 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini diagram lapisan embrionik hewan triploblastik.   Lapisan A akan berdiferensiasi menjadi.....

Pembahasan Soal:

Fase embrionik merupakan fase yang dimulai dari terbentuknya zigot sampai berkembang menjadi embrio. Pada tahap gastrula di fase embrionik, embrio memiliki tiga lapisan dari luar kedalam eksoderm, mesoderm, dan endoderm. Lapisan A pada gambar merupakan lapisan eksoderm. Lapisan ini akan berdiferensiasi menjadi kulit dan saraf.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu A.

0

Roboguru

Urutan perkembangan zigot yang benar sebelum implantasi adalah ...

Pembahasan Soal:

Fertilisasi terjadi saat sel sperma membuahi sel telur yang matang di dalam tuba fallopi kemudian akan menghasilkan zigot. Zigot kemudian digerakkan oleh silia oviduk menuju ke uterus. Dalam perjalanannya ke uterus, zigot membelah secara mitosis berkali-kali. Hasil pembelahan tersebut berupa sekelompok sel-sel yang sama besarnya dengan bentuk seperti buah arbei yang disebut tahap morula. Morula akan terus membelah sampai terbentuk rongga. Tahap ini disebut blastula dengan rongga di dalamnya yang disebut blastosol. Blastula terdiri dari sel-sel bagian luar (trofoblast) dan sel-sel bagian dalam (embrioblast). Sel-sel bagian luar blastula merupakan sel-sel trofoblast yang akan membantu implantasi blastula pada dinding endometrium uterus. Tahap selanjutnya adalah tahap gastrula, yang telah terbentuk tiga lapisan embrional yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm.space 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Pembentukan lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm terjadi pada tahap ….

Pembahasan Soal:

Pembentukan lapisan ektoderm, mesoderm, dan endoderm terjadi pada tahap gastrula. Ketiga lapisan tersebut selanjutnya akan berkembang menjadi jaringan dan organ hewan atau manusia dewasa. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 
 

0

Roboguru

Membran yang melindungi embrio dalam rahim terhadap goncangan adalah ....

Pembahasan Soal:

Amnion atau air ketuban berfungsi sebagai pelindung yang akan menahan janin dari trauma akibat benturan. Melindungi dan mencegah tali pusat dari kekeringan, yang dapat menyebabkannya mengerut sehingga menghambat penyaluran oksigen melalui darah ibu ke janin. Berperan sebagai cadangan cairan dan sumber nutrien bagi janin untuk sementara. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah A.undefined 

1

Roboguru

Sebutkan macam-macam selaput pembungkus yang melindungi zigot!

Pembahasan Soal:

Membran ekstra embrional merupakan membran atau selaput seluler yang dibentuk bersamaan dengan perkembangan embrio dan berperan penting dalam perkembangan embrio. Adapun struktur pembungkus embrio adalah:

  1. Amnion berfungsi menghasilkan cairan ketuban untuk menjaga agar embrio tetap basah dan tahan goncangan.
  2. Korion, terdapat pembuluh darah yang berhubungan dengan peredaran darah induknya dengan perantara plasenta. Organ pemberi nutrisi bagi embrio.
  3. Alantois berfungsi menghubungkan sirkulasi embrio dengan plasenta.
  4. Sakus vitelinus/kantong kuning telur berfungsi menyediakan kantong makanan bagi embrio.

Jadi, selaput pembungkus yang melindungi zigot adalah amnion, korion, alantois, dan sakus vitelinus.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved