Roboguru

Eksklusivisme kelompok dalam masyarakat majemuk hendaknya diminimalisasi. Jelaskan dampak yang terjadi apabila eksklusivisme tidak diminamilasi!

Pertanyaan

Eksklusivisme kelompok dalam masyarakat majemuk hendaknya diminimalisasi. Jelaskan dampak yang terjadi apabila eksklusivisme tidak diminamilasi!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Eksklusivisme merupakan paham yang mempunyai kecenderungan untuk memisahkan diri dari masyarakat. Ciri-ciri orang yang menganut eksklusivisme, yaitu mengutamakan kepentingan pribadi dan memiliki kecenderungan untuk memisahkan diri dengan sikap khusus yang disepakati dalam kelompok. Tindakan mengutamakan anggota kelompok dan membatasi orang lain bergabung dalam keanggotaan kelompok termasuk contoh eksklusivisme. Eksklusivisme memang berdampak positif karena membantu masyarakat mempertahankan budaya kelompoknya. Namun hal ini perlu diminimalisir dalam masyarakat majemuk, yakni masyarakat yang terdiri dari berbagai macam karakteristik kebudayaan baik perbedaan dalam bidang etnis, golongan, agama,bahasa maupun secara sosial budaya. Dengan keberagaman tersebut, apabila tidak diminimalisir akan berdampak negatif menyebabkan terjadinya disintegrasi dalam masyarakat dan dapat menimbulkan sifat tertutup tidak menerima keberagaman dan menganggap kelompoknya paling baik dari kelompok lain. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab eksklusivitas kelompok sosial tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Eksklusivisme merupakan suatu paham yang cenderung menjauhkan diri darilingkungannya dan masyarakat. Dalam objek kajian sosiologi eksklusivisme merupakan pemahaman seseorang yang tidak mau bergaul. Dampak negatifnya menganggap kelompoknya paling baik dari kelompok lain. Sehingga sikap ini dapat menimbulkan konflik antar kelompok masyarakat itu sendiri. 

 

Jadi, dapat disimpulkan jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Banyak yang melatarbelakangi lahirnya sebuah komunitas mobil, mulai dari kesamaan merek mobil, varian, jenis, hobi antar anggotanya, dan lainnya. Ada juga komunitas mobil yang sengaja dibentuk untuk m...

Pembahasan Soal:

Fenomena kelompok pemilik mobil X merupakan contoh dari eksklusivisme sebagai salah satu bentuk dari dimensi sikap, selain partikularisme. Fenomena eksklusivisme dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya kelompok pemilik mobil sport mewah hanya bergaul dengan seseorang yang memiliki mobil sport mewah saja, serta latar belakang sosial dan ekonomi yang sama. Jadi, jawaban yang tepat adalah C. space 

0

Roboguru

Kecenderungan untuk menetapkan semua norma dan nilai budaya orang lain dengan standar budayanya sendiri disebut ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pengertian yang terdapat pada soal, pengertian tersebut menunjukkan pengertian etnosentrisme. Akan tetapi, pengertian tersebut lebih dikategorikan sebagai egoisme karena kecenderungan menentapkan perilaku orang lain berdasarkan perilaku sendiri.

Adapun pengertian dari istilah pada jawaban lain, sebagai berikut.

  1. Stereotip merupakan suatu citra yang kaku mengenai suatu kelompok ras atau budaya yang dianut tanpa memperhatikan kebenaran citra tersebut.
  2. Rasisme adalah paham yang meyakini bahwa kelompok ras yang dimiliki oleh seseorang adalah lebih tinggi daripada kelompok ras yang dimiliki oleh orang lain.
  3. Prasangka (prejudice) merupakan sikap bermusuhan yang ditunjukkan pada suatu kelompok tertentu atas dasar dugaan bahwa kelompok tersebut mempunyai ciri yang tidak menyenangkan. Namun, yang harus kita ingat bahwa prasangka merupakan pandangan yang tidak dilandasi oleh pengetahuan, pengalaman, ataupun bukti yang memadai.
  4. Diskriminasi adalah setiap tindakan yang melakukan pembedaan terhadap seseorang atau sekelompok orang berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, suku, status, dan kelas sosial-ekonomi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah Dundefined 

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan tindakan ekslusivisme adalah...

Pembahasan Soal:

Eksklusivisme merupakan ajaran atau paham seseorang yang cenderung untuk menjauhkan diri dari lingkungannya dan masyarakat. Eksklusivisme ini berkaitan erat dengan partikularisme, sebab mengutamakan kepentingan pribadi kemudian membuat kelompok tersebut mempunyai kecenderungan memisahkan diri dengan sikap khusus yang disepakati dalam kelompok.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial dalam masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa disebut sikap...

Pembahasan Soal:

Poin soal yang ditanyakan adalah pola hubungan antar kelompok

Selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial dalam masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa disebut sikap. eksklusivisme. Dalam KBBI yang dimaksud dengan eksklusivisme adalah paham yang mempunyai kecenderungan untuk memisahkan diri. Menurut sosiologi eksklusivisme ialah bentuk hubungan sosial individu yang menutup dirinya dari dunia luar atau mengekslusifkan kelompok atau golongan tertentu. Faktor-faktor yang menyebabkan eksklusivisme adalah faktor kecemburuan sosial, perbedaan status dan peran sosial, merasa kelompok sendiri adalah kelompok yang paling baik.space space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved