Roboguru

Ekosistem terumbu karang, ekosistem pantai batu, d...

Ekosistem terumbu karang, ekosistem pantai batu, dan ekosistem pantai lumpur merupakan kelompok kecil dari ekosistem ....undefined 

  1. pantai pasir dangkalundefined 

  2. perairan dalam air lautundefined 

  3. daratan alamiundefined 

  4. buatanundefined 

  5. udara

Jawaban:

Ekosistem lautan berdasarkan jarak dari pantai serta kedalaman salah satunya adalah zona neritik atau ekosistem pantai pasir dangkal. Ekosistem pantai pasir dangkal ada di sepanjang pantai saat air pasang. Luas wilayahnya meliputi pesisir terbuka yang tidak terkena air sungai besar atau ada diantara dinding batu yang terjal atau curam. Sinar matahari masih menembus sampai dasar laut. Komunitas yang ada didalamnya didominasi berbagai macam tumbuhan rerumputan dan ganggang selain itu ada ikan, plankton, dan lainnya.

Jenis ekosistem pantai pasir dangkal ada tiga, yaitu :

  1. Ekosistem terumbu karang, umumnya terdapat di laut dangkal yang memiliki temperatur tinggi, intensitas cahaya tinggi, dan keanekaragaman hayati yang tinggi.
  2. Ekosistem pantai batu, ciri-cirinya yaitu tanahnya berpasir, memiliki air tanah yang dangkal, mempunyai udara yang lembab dan kadar garam yang tinggi, memiliki curah hujan yang rendah, vegetasi tanaman yang ada di ekosistem ini jenis nya Sargassum atau Eucheuma dan banyak dijumpai di wilayah pesisir berbukit yang memiliki dinding-dinding batu.
  3. Ekosistem pantai lumpur, ciri-cirinya yaitu dihuni berbagai macam jenis binatang yang memiliki nilai ekonomis tinggi, mempunyai muara, dan terdapat di pantai-pantai yang memiliki pulau-pulau besar.

Dari penjelasan diatas, dapat diketahui ekosistem terumbu karang, ekosistem pantai batu, dan ekosistem pantai lumpur termasuk kedalam ekosistem pantai pasir dangkal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved