Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ekosistem darat dibedakan atas 7 bioma. Tuliskan dan jelaskan pengertiannya masing - masing!

Ekosistem darat dibedakan atas 7 bioma. Tuliskan dan jelaskan pengertiannya masing - masing!

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ekosistem darat adalahekosistemyang lingkungan fisiknya berupadaratan. Susunan komponenekosistem daratdipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu iklim, keadaan tanah, kelembapan, curah hujan, dan sinar matahari. Ekosistem darat dibedakan menjadi tujuh bioma yaitu : Hutan hujan tropis merupakan bioma yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, memiliki tanah yang subur, dan sering disebut dengan hutan belantara. Beberapa wilayah yang memiliki hutan hujan tropis adalah Brazil, Kongo dan Indonesia. Hutan gugur merupakan wilayah hutan mengalami empat musim yaitu panas, dingin, semi dan gugur. Ciri khas dari bioma ini adalah pohon-pohon yang sering menggugurkan daunnya Ketika musim gugur tiba. Beberapa wilayah yang memiliki bioma hutan gugur adalah Amerika Serikat bagian timur, Asia Tengah serta Asia timur seperti Tiongkok, Korea dan Jepang. Taiga merupakan jenis hutan yang memiliki satu jenis spesies yang daunnya menyerupai jarum (conifer) seperti pinus, cemara dan spruce. Bioma taiga sering ditemukan di iklim subartik seperti wilayah Skandinavia dan Rusia Timur. Padang rumput (stepa) merupakan bioma yang dipenuhi oleh padang rumput yang luas. Stepa memiliki tanah yang tandus dan tidak subur sehingga hanya ditumbuhi oleh rumput. Stepa banyak ditemukan di Afrika, Australia dan Amerika. Sabana merupakan bioma yang dipenuhi oleh semak belukar dan pohon. Sabana banyak ditemukan di Indonesia yaitu di wilayah Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Gurun merupakan bioma yang sangat kering dengan curah hujan dibawah 250 milimeter per tahun. Gurun memiliki cuaca yang ekstrim, kelebapan yang rendah, tanah yang sangat tandus kerena tidak bisa menyimpan air. Gurun banyak di temukan di wilayah Asia Barat, Afrika Utara dan Australia. Tundra merupakan bioma yang tidak ditumbuhi oleh tumbuhan karena memiliki iklim yang sangat dingin dengan curah hujan yang sangat rendah. Tundra terletak di lingkar artik danGreenland.

Ekosistem darat adalah ekosistem yang lingkungan fisiknya berupa daratan. Susunan komponen ekosistem darat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu iklim, keadaan tanah, kelembapan, curah hujan, dan sinar matahari.

Ekosistem darat dibedakan menjadi tujuh bioma yaitu :

  1. Hutan hujan tropis merupakan bioma yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi, memiliki tanah yang subur, dan sering disebut dengan hutan belantara. Beberapa wilayah yang memiliki hutan hujan tropis adalah Brazil, Kongo dan Indonesia.
  2. Hutan gugur merupakan wilayah hutan mengalami empat musim yaitu panas, dingin, semi dan gugur. Ciri khas dari bioma ini adalah pohon-pohon yang sering menggugurkan daunnya Ketika musim gugur tiba. Beberapa wilayah yang memiliki bioma hutan gugur adalah Amerika Serikat bagian timur, Asia Tengah serta Asia timur seperti Tiongkok, Korea dan Jepang.
  3. Taiga merupakan jenis hutan yang memiliki satu jenis spesies yang daunnya menyerupai jarum (conifer) seperti pinus, cemara dan spruce. Bioma taiga sering ditemukan di iklim subartik seperti wilayah Skandinavia dan Rusia Timur.
  4. Padang rumput (stepa) merupakan bioma yang dipenuhi oleh padang rumput yang luas. Stepa memiliki tanah yang tandus dan tidak subur sehingga hanya ditumbuhi oleh rumput. Stepa banyak ditemukan di Afrika, Australia dan Amerika.
  5. Sabana merupakan bioma yang dipenuhi oleh semak belukar dan pohon. Sabana banyak ditemukan di Indonesia yaitu di wilayah Taman Nasional Baluran, Jawa Timur.
  6. Gurun merupakan bioma yang sangat kering dengan curah hujan dibawah 250 milimeter per tahun. Gurun memiliki cuaca yang ekstrim, kelebapan yang rendah, tanah yang sangat tandus kerena tidak bisa menyimpan air. Gurun banyak di temukan di wilayah Asia Barat, Afrika Utara dan Australia.
  7. Tundra merupakan bioma yang tidak ditumbuhi oleh tumbuhan karena memiliki iklim yang sangat dingin dengan curah hujan yang sangat rendah. Tundra terletak di lingkar artik dan Greenland.

Latihan Bab

Tingkatan Organisasi Kehidupan

Interaksi antar Makhluk Hidup

Dinamika Populasi

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

726

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan ciri-ciri ekosistem Tundra!

2rb+

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia