RoboguruRoboguru
SD

Ekonomi Liberal     Setelah Gubernur Jenderal Daendels pergi dari Indonesia, Jawa diduduki oleh lnggris tahun 1811. Masa pendudukan lnggris ini hanya berlangsung selama lima tahun, yaitu antara tahun 1811 sampai tahun 1816. Selama lnggris berkuasa, diletakkanlah dasar-dasar kebijakan ekonomi yang sangat mempengaruhi sifat dan arah kebijakan pemerintah kolonial Hindia Belanda selanjutnya.     Asas pemerintahan lnggris di Hindia Belanda ditentukan oleh Gubernur Jenderal Raffles. Pandangan Raffles dalam banyak hal sama dengan pandangan Dirk van Hogendorp yang menganjurkan agara para petani diberikan kebebasan penuh dalam menentukan tanaman-tanaman apa yang hendak ditanamnya dan menentukan hasil yang hendak dipergunakan. Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman ekspor. Pemerintah hanya berkewajiban membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman ekspor yang paling menguntungkan. Kebijakan Raffles berikutnya adalah dihapuskannya pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem penyerahan wajib (verplichte leverantie) yang sudah diterapkan sejak zaman VOC.      Dalam bidang ekonomi Raffles menjalankan kebijakan ekonomi liberal yang disebut landrent system (sistem sewa tanah) atau landrente. Raffles menetapkan sistem sewa tanah (landrent) berdasarkan pada ketentuan pemerintah kolonial serta pemungutan pajak secara perorangan.  Salah satu kebijakan Raffles selama menjabat sebagai Gubernur Jenderal di Indonesia adalah menghapus pajak hasil bumi yang disebut ...

Pertanyaan

Ekonomi Liberal


    Setelah Gubernur Jenderal Daendels pergi dari Indonesia, Jawa diduduki oleh lnggris tahun 1811. Masa pendudukan lnggris ini hanya berlangsung selama lima tahun, yaitu antara tahun 1811 sampai tahun 1816. Selama lnggris berkuasa, diletakkanlah dasar-dasar kebijakan ekonomi yang sangat mempengaruhi sifat dan arah kebijakan pemerintah kolonial Hindia Belanda selanjutnya.

    Asas pemerintahan lnggris di Hindia Belanda ditentukan oleh Gubernur Jenderal Raffles. Pandangan Raffles dalam banyak hal sama dengan pandangan Dirk van Hogendorp yang menganjurkan agara para petani diberikan kebebasan penuh dalam menentukan tanaman-tanaman apa yang hendak ditanamnya dan menentukan hasil yang hendak dipergunakan. Petani diberikan kebebasan untuk menanam tanaman ekspor. Pemerintah hanya berkewajiban membuat pasar untuk merangsang petani menanam tanaman ekspor yang paling menguntungkan. Kebijakan Raffles berikutnya adalah dihapuskannya pajak hasil bumi (contingenten) dan sistem penyerahan wajib (verplichte leverantie) yang sudah diterapkan sejak zaman VOC. 

    Dalam bidang ekonomi Raffles menjalankan kebijakan ekonomi liberal yang disebut landrent system (sistem sewa tanah) atau landrente. Raffles menetapkan sistem sewa tanah (landrent) berdasarkan pada ketentuan pemerintah kolonial serta pemungutan pajak secara perorangan. 


Salah satu kebijakan Raffles selama menjabat sebagai Gubernur Jenderal di Indonesia adalah menghapus pajak hasil bumi yang disebut ...space 

  1. Verplichte Leverantiespace 

  2. Cultuur Procenteenspace 

  3. Landrentspace 

  4. Cultuur Stelsel

  5. Contingentenspace 

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah E.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: 

Beberapa kebijakan dan tindakan yang dijalankan Raffles dalam bidang ekonomi sebagai berikut.

  1. Pelaksanaan sistem sewa tanah atau pajak tanah (landrent) yang kemudian meletakkan dasar bagi perkembangan sistem perekonomian uang.
  2. Penghapusan penyerahan wajib hasil bumi atau contingenten stelsel. Kebijakan ini digantikan dengan penyerahan pajak dikonversikan ke uang. 
  3. Penghapusan kerja rodi dan perbudakan.
  4. Penghapusan sistem monopoli.
  5. Peletakan desa sebagai unit administrasi penjajahan.

32

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Ekonomi Liberal     Setelah Gubernur Jenderal Daendels pergi dari Indonesia, Jawa diduduki oleh lnggris tahun 1811. Masa pendudukan lnggris ini hanya berlangsung selama lima tahun, yaitu antara tahu...

104

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia