Roboguru

Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar dan sesuai dengan pedoman EYD jika diperbaiki dengan cara ....

Pertanyaan

Ejaan pada kalimat di atas menjadi benar dan sesuai dengan pedoman EYD jika diperbaiki dengan cara .... 

  1. menulis kata diantaranya menjadi di antaranya. 

  2. menulis kata pelita V menjadi PELITA V. 

  3. menghilangkan tanda koma (,) setelah kata pelita V. 

  4. menulis kata di samping menjadi disamping. 

  5. menulis kata reguler menjadi regular. 

Pembahasan Soal:

“Di” pada kata “diantaranya” merupakan partikel preposisi, bukan imbuhan sehingga penulisannya harus dipisah dengan kata yang mengikutinya. Untuk membedakan imbuhan dan preposisi dapat dilakukan dengan menguji pasangan dari imbuhan di­-. Kata berimbuhan di- merupakan bentuk pasif dari kata berimbuhan me- sehingga kata dengan bentukan di- yang digabung seharusnya dapat diganti menjadi me-. Contoh, kata dibuat dapat berubah menjadi membuat. Akan tetapi, kata diantaranya tidak dapat berubah menjadi mengantaranya. Karena kata antara merupakan kata yang menunjukkan posisi, penulisan yang benar memang harus dipisah. Bentukan lain yang tidak memiliki pasangan, tetapi tidak juga dapat dipisah penulisannya adalah kata dikarenakan. Bentuk ini tidak memiliki bentuk aktif mengarenakan, tetapi kata dasarnya bukan berupa tempat sehingga kata tersebut merupakan kata yang tidak baku.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah kata serapan di bawah ini penulisannya sudah benar? berilah tanda centang (✓) jika kata tersebut sudah tepat penulisannya! __sentral

Pembahasan Soal:

Kata sentral merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari kata central (Inggris). Menurut KBBI, kata sentral merupakan kata yang benar dan baku. Penulisan yang benar adalah sentral.


Dengan demikian, penulisan kata serapan di atas sudah benar yaitu sentral.space 

0

Roboguru

Perbaikilah penulisan kata serapan di bawah ini! energy = ...

Pembahasan Soal:

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa daerah maupun bahasa asing yang ejaan, ucapan, dan tulisannya disesuaikan. Kata serapan yang sudah disesuaikan dapat dilihat bentuk baku dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Menurut KBBI, kata energy merupakan bentuk yang tidak baku. Kata yang benar dan baku adalah energi. Penulisan yang benar adalah energi. Kata energi merupakan kata serapan dalam bahasa Indonesia yang berasal dari kata energy (Inggris).

Dengan demikian, penulisan yang benar adalah energi.

0

Roboguru

Bacalah teks berikut!   Rumah itu sudah lama ditinggalkan pemiliknya. Bahkan, beberapa hari yang lalu dipasang plang akan dijual. Namun, rumah besar dan strategik seperti itu tentu berharga sangat ma...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan KBBI V, strategis adalah bentuk baku dari strategik, sedangkan kata yang lain sudah tepat penulisannya.  Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan kalimat berikut!       Penanganan masalah pendidikan diantaranya ditempuh dengan membangun SD kecil untuk melayani kebutuhan pendidikan di daerah terpencil yang dilakukan pada pelita V, di...

Pembahasan Soal:

Kalimat pada soal mengalami kesalahan ejaan, yakni terdapat pada kata diantaranya. Penulisan di pada kata di antaranya merupakan bentuk preposisi atau kata depan. Jadi, penulisan di harus dipisah dengan kata yang mengikutinya.

Kalimat pada pilihan A diperbaiki dengan cara menulis kata diantaranya menjadi di antaranya.

Sementara itu, berikut adalah penjelasan dari pilihan B—E.
 

  • Pilihan B tidak tepat karena pelita V merupakan akronim dari pembangunan lima tahun yang bukan merupakan nama diri sehingga penulisannya tidak perlu ditulis kapital.
  • Pilihan C tidak tepat karena fungsi tanda koma (,) setelah kata pelita V agar tidak salah baca sehingga tidak perlu dihilangkan.
  • Pilihan D tidak tepat karena penulisan di samping menunjukkan sebuah tempat. Kata di merupakan preposisi atau kata depan sehingga penulisan di samping dengan cara dipisah sudah sesuai kaidah kebahasaan.
  • Pilihan E tidak tepat karena penulisan kata reguler sudah tepat yang memiliki makna ‘teratur; mengikuti peraturan; tetap; biasa’
     

Berdasarkan penjelasan tersebut, ejaan pada kalimat di atas menjadi benar jika diperbaiki dengan cara menulis kata diantaranya menjadi di antaranya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Penulisan bilangan dengan huruf yang tepat ditemukan dalam kalimat-kalimat berikut, KECUALI …

Pembahasan Soal:

Beberapa aturan penulisan bilangan dalam bahasa Indonesia sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) adalah sebagai berikut.
 

  • Bilangan dalam teks yang dapat dinyatakan dengan satu atau dua kata ditulis dengan huruf, kecuali jika dipakai secara berurutan seperti dalam perincian.
  • Bilangan pada awal kalimat ditulis dengan huruf.
  • Penulisan bilangan dengan huruf dilakukan untuk bilangan sebagai berikut.
    • Bilangan utuh, misalnya dua belas.
    • Bilangan pecahan, misalnya satu persen dan tiga perempat.
       

Sesuai aturan tersebut, penulisan bilangan yang salah terdapat pada kalimat Seorang narasumber mengatakan ada sekitar dua ratus empat puluh bangunan di kawasan kota lama dengan tidak lebih dari dua ratus telah dimanfaatkan.

Pada kalimat tersebut, kata bilangan dua ratus empat puluh terdiri lebih dari dua kata (empat kata) sehingga penulisan dengan huruf perlu diperbaiki. Perbaikan yang tepat adalah 240.

Berdasarkan penjelasan tersebut, penulisan bilangan dengan huruf yang tepat ditemukan dalam kalimat-kalimat berikut, KECUALI Seorang narasumber mengatakan ada sekitar dua ratus empat puluh bangunan di kawasan kota lama dengan tidak lebih dari dua ratus telah dimanfaatkan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved