Roboguru

Dua negara yang dikenal Adikuasa pada masa Perang Dingin adalah ....

Pertanyaan

Dua negara yang dikenal Adikuasa pada masa Perang Dingin adalah ....

  1. Amerika Serikat dan Israel

  2. Amerika Serikat dan Uni Soviet

  3. Amerika Serikat dan Inggris

  4. Amerika Serikat dan Rusia

  5. Uni Soviet dan Republik Rakyat Tiongkok

Pembahasan Soal:

Perang Dingin, atau dalam bahasa Inggris dikenal Cold War, merupakan bagian dalam Sejarah Dunia yang digunakan untuk menyebut ketegangan politik dan militer, antara Blok Barat diwakili oleh Amerika Serikat dan Blok Timur diwakili oleh Uni Soviet, dalam rangka untuk menancapkan pengaruh dan dominasi mereka di dunia. Dengan kata lain, singkatnya adalah Perang Dingin adalah perang non fisik, sebab ketiadaannya menggunakan senjata perang, sebagai gantinya adalah perebutan pengaruh dan dominasi ideologi, teknologi, politik dan kekuasaanya.
Pada masa Perang Dingin terdapat tiga negara yang merupakan negara adikuasa yaitu, Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Imperium Britania. Seiring berjalannya waktu pada masa Perang Dingin, kekuasaan dan pengaruh Imperium Britania mulai berkurang dan berakhir. Akhirnya dualisme negara adikuasa hanya meninggalkan negara Amerika Serikat dan Uni Soviet untuk mendominasi urusan dunia.

Dengan, demikian jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Setiadi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 31 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Negara yang dikenal sebagai negara adikuasa pada masa Perang Dingin adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang Dingin adalah istilah untuk menggambarkan konflik yang terjadi antara Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat dan Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Konflik tersebut dimulai sejak Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945. Amerika Serikat dan Uni Soviet adalah dua negara terkuat yang berhasil menang dalam Perang Dunia II. Selama Perang Dunia II berlangsung, keduanya bekerja sama untuk menghadapi pasukan Jerman, Italia, dan Jepang. Pasukan Amerika Serikat banyak membantu negara-negara Eropa untuk menghadapi pasukan Jerman dan Italia di medan pertempuran sebelah barat Eropa, sedangkan Uni Soviet berperang melawan Jerman di medan pertempuran sebelah timur Eropa. Baik Amerika Serikat dan Uni Soviet merasa berjasa dalam menghancurkan ekspansi militer Jerman dan Italia yang ingin menguasai seluruh Eropa. Keduanya merasa berhak untuk memperoleh wilayah di bawah pengaruh mereka. Alasan itulah yang menyebabkan Amerika Serikat dan Uni Soviet terlibat konflik tidak langsung karena mereka lebih memilih menghindari perang terbuka untuk memperebutkan suatu wilayah. Kedua negara tersebut lebih memilih untuk melakukan perang proksi, yaitu dengan memanfaatkan pihak ketiga untuk mengalahkan musuhnya masing-masing, seperti yang pernah terjadi di Korea.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Apa yang mendasari lahirnya teknologi?

Pembahasan Soal:

Teknologi lahir karena adanya kebutuhan mendesak manusia untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Kebutuhan tersebut mendorong manusia berpikir keras memikirkan cara-cara baru dalam bertindak.undefined


Dengan demikan, maka yang mendasari lahirnya teknologi karena adanya kebutuhan mendesak manusia untuk memenuhi kebutuhan tertentu.undefined


 

 

Roboguru

Yang dimaksud dengan proxy adalah....

Pembahasan Soal:

Proxy dalam konsep geopolitik internasional pada masa perang dingin adalah negara besar yang mempunyai banyak kekuatan dipolitik internasional (negara-negara satelit). Negara dalam bentuk selalu berkaitan dengan proxy war yang berarti perang antar dua negara dengan aktor non-negaranya, artinya mewakili pihak lain dengan tidak terlibat langsung di pertempuran.

Maka, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Perang Dingin atau Cold War merupakan sebutan bagi suatu periode konflik yang menyebabkan ketegangan dan kompetisi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet berserta sekutu-sekutunya yang tergagung ke dal...

Pembahasan Soal:

Dampak perang dingin dalam bidang politik di Indonesia yaitu terjadinya perubahan dimana sebelumnya menganut paham politik "non blok".  Gerakan Non-Blok adalah suatu organisasi internasional yang terdiri lebih dari 100 negara-negara yang menganggap dirinya tidak beraliansi dengan kekuatan besar apapun. Tujuan Gerakan Non Blok adalah berusaha meredakan ketegangan antara Blok Timur dan Blok Barat. Tujuannya untuk menuju perdamaian dan keamanan dunia.

Roboguru

Mengapa perang ini disebut perang dingin? Bagaimanakah perbedaan antara perang dingin dengan perang dunia lainnya?

Pembahasan Soal:

Perang dingin merupakan perang idelogi yang terjadi antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Perang ini berbeda dengan perang lainnya. Jika perang lainnya menggunakan senjata, maka perang dingin mempertarungkan antara ideologi komunis dan liberal. Perang dingin ini tidak secara langsung mempertemukan Amerika Serikat dan Uni Soviet namun melalui penanaman ideologi di berbagai negara cntohnya Korea Utara dan Korea Selatan, Vietam Utara dan Vietnam Selatan. Selain itu terjadi juga pertarungan keungggulan senjata dan juga teknologi ruang angkasa.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved