Pertanyaan

Dua kontainer, X dan Y, diisi dengan adonan dengan berat yang sama. Kontainer Y ditambahkan ragi sedangkan kontainer X tidak. Perbedaan ukuran antara kontainer X dan Y disebabkan oleh molekul yang diproduksi ragi berupa ....

Dua kontainer, X dan Y, diisi dengan adonan dengan berat yang sama. Kontainer Y ditambahkan ragi sedangkan kontainer X tidak.

Perbedaan ukuran antara kontainer X dan Y disebabkan oleh molekul yang diproduksi ragi berupa ....

  1. oksigen

  2. alkohol

  3. gluten

  4. asam laktat

  5. karbon dioksida

Y. Ari

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan Jawaban yang tepat adalah E.

pilihan Jawaban yang tepat adalah E. 

Pembahasan

Gambar di atas menunjukkan pembuatan roti dengan dan tanpa ragi. Ragi yang ditambahkan pada adonan di kontainer Y mengandung khamir Saccharomyces cerevisiae. Khamir ini akan melakukan fermentasi dengan mengubah glukosa dari tepung menjadi etanol dan menghasilkan produk samping berupa karbon dioksida. Karbon dioksida ini akan terjebak pada adonan sehingga membuat adonan mengembang, sementara alkohol yang dihasilkan akan menambah citarasa pada roti. Dengan demikian, adonan pada kontainer Y menjadi besar ukurannya karena adanya gas karbon dioksida yang terperangkap dalam adonan. Dengan demikian, pilihan Jawaban yang tepat adalah E.

Gambar di atas menunjukkan pembuatan roti dengan dan tanpa ragi. Ragi yang ditambahkan pada adonan di kontainer Y mengandung khamir Saccharomyces cerevisiae. Khamir ini akan melakukan fermentasi dengan mengubah glukosa dari tepung menjadi etanol dan menghasilkan produk samping berupa karbon dioksida. Karbon dioksida ini akan terjebak pada adonan sehingga membuat adonan mengembang, sementara alkohol yang dihasilkan akan menambah citarasa pada roti. Dengan demikian, adonan pada kontainer Y menjadi besar ukurannya karena adanya gas karbon dioksida yang terperangkap dalam adonan.

Dengan demikian, pilihan Jawaban yang tepat adalah E. 

104

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan beberapa contoh tanaman transgenik berikut ini! Alasan adanya penolakan oleh sebagian kalangan masyarakat terhadap produk-produk bioteknologi tersebut adalah .…

196

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia