Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dua kawat persegi panjang ditempatkan seperti pada gambar. Apabila arus listrik I pada kawat luar mengalir berlawanan dengan arah jam dan berkurang, maka arus listrik induksi pada kawat dalam akan .... (SBMPTN 2017/ 124)

 

Dua kawat persegi panjang ditempatkan seperti pada gambar. Apabila arus listrik I pada kawat luar mengalir berlawanan dengan arah jam dan berkurang, maka arus listrik induksi pada kawat dalam akan .... space 

(SBMPTN 2017/ 124)

  1. Mengalir searah jarum jam dan mengecilspace 

  2. Mengalir searah jarum jam dan membesarspace 

  3. Mengalir berlawanan dengan arah jarum jam dan mengecilspace 

  4. Mengalir berlawanan arah putaran jarum jam dan mengecilspace 

  5. Mengalir berlawanan dengan arah jarum jam dan konstanspace 

Iklan

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah E. Saat arus listrik I mengalir pada kawat luar, maka di sekitar kawat tersebut akan muncul induksi magnetik dan sejak arus yang mengalir mengecil, maka akan terjadi perubahan induksi magnetik. Perubahan induksi magnetik ini akan menyebabkan kawat bagian dalam terinduksi sehingga muncul arus induksi pada kawat dalam. Berdasarkan hukum Lenz, Jika ggl induksi timbul pada suatu rangkaian, maka arah arus induksi yang dihasilkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan medan magnetik induksi yang menentang perubahan medan magnetik (arus induksi berusaha mempertahankan fluks magnetik totalnya konstan) . Untuk menentang perubahan medan magnet yang semakin mengecil maka harus diberikan medan magnet yang arahnya sama dengan medan magnet sumber, sehingga arus induksi yang timbul pada kumparan dalam searah dengan arus pada kumparan luar, yaitu berlawanan arah jaram jam. Besar kuat arus induksi bergantung pada perubahan fluks magnet, maka jika arus pada kumparan luar menurun secara konstan, perubahan fluks yang terjadi juga konstan yang mengakibatkan besarnya arus induksi juga konstan . Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban yang benar untuk pertanyaan tersebut adalah E.

Saat arus listrik I mengalir pada kawat luar, maka di sekitar kawat tersebut akan muncul induksi magnetik dan sejak arus yang mengalir mengecil, maka akan terjadi perubahan induksi magnetik. Perubahan induksi magnetik ini akan menyebabkan kawat bagian dalam terinduksi sehingga muncul arus induksi pada kawat dalam.

Berdasarkan hukum Lenz, Jika ggl induksi timbul pada suatu rangkaian, maka arah arus induksi yang dihasilkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan medan magnetik induksi yang menentang perubahan medan magnetik (arus induksi berusaha mempertahankan fluks magnetik totalnya konstan). Untuk menentang perubahan medan magnet yang semakin mengecil maka harus diberikan medan magnet yang arahnya sama dengan medan magnet sumber, sehingga arus induksi yang timbul pada kumparan dalam searah dengan arus pada kumparan luar, yaitu berlawanan arah jaram jam.

Besar kuat arus induksi bergantung pada perubahan fluks magnet, maka jika arus pada kumparan luar menurun secara konstan, perubahan fluks yang terjadi juga konstan yang mengakibatkan besarnya arus induksi juga konstan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada gambar, batang AC dapat bergerak bebas. Tentukan pernyataan yang BENAR di bawah ini: Jika batang AC digeser ke kanan maka akan timbul arus listrik dengan arah C ke A. Jika B diperbesar m...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia