Roboguru

Dua jenis sampel limbah dari suatu pabrik kimia yang ada di suatu tempat akan ditentukan pH nya dengan menggunakan beberapa indikator dan diperoleh hasil sebagai berikut:     Dari hasil pengamatan tersebut, tentukanlah pH kedua sampel limbah pabrik kimia tersebut.

Pertanyaan

Dua jenis sampel limbah dari suatu pabrik kimia yang ada di suatu tempat akan ditentukan pH nya dengan menggunakan beberapa indikator dan diperoleh hasil sebagai berikut:
 


 

Dari hasil pengamatan tersebut, tentukanlah pH kedua sampel limbah pabrik kimia tersebut.

Pembahasan Soal:

Untuk sampel limbah A, ketika diuji dengan indikator metil merah, bromtimol biru, dan penolptalein berturut-turut menunjukkan warna merah, kuning dan tak berwarna, berarti limbah tersebut memiliki pH kurang dari 4,2; kurang dari 6,0 dan kurang dari 8,3. Berdasarkan hasil tersebut dapat kita simpulkan limbah tersebut memiliki pH kurang dari 4,2.

Untuk sampel limbah B, ketika diuji dengan indikator metil merah, bromtimol biru, dan penolptalein berturut-turut menunjukkan warna kuning, biru, dan tak berwarna, berarti limbah tersebut memiliki pH lebih dari 6,3; lebih dari 7,6; namun kurang dari 8,3. Berdasarkan hasil tersebut dapat kita simpulkan limbah tersebut memiliki pH antara 7,6 - 8,3.

Maka, pH sampel limbah A kurang dari 4,2, sedangkan pH sampel limbah B antara 7,6 - 8,3.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved