Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dua buah benda yang bermassa sama mengalami gerak osilasi dengan frekuensi sama. Simpangan maksimum kedua benda berbeda. Di antara pernyataan berikut, manakah yang benar? Setiap titik pada kurva memuat informasi tentang energi kinetik Energi mekanik kedua benda sama Jika osilasi benda merupakan osilasi pegas, konstanta kedua pegas sama Energi potensial maksimum kedua benda sama

Dua buah benda yang bermassa sama mengalami gerak osilasi dengan frekuensi sama. Simpangan maksimum kedua benda berbeda. Di antara pernyataan berikut, manakah yang benar?

  1. Setiap titik pada kurva memuat informasi tentang energi kinetik
  2. Energi mekanik kedua benda sama
  3. Jika osilasi benda merupakan osilasi pegas, konstanta kedua pegas sama
  4. Energi potensial maksimum kedua benda sama
  1. Jika (1), (2), dan (3) benar

  2. Jika (1) dan (3) benar

  3. Jika (2) dan (4) benar

  4. Jika hanya (4) yang benar

  5. Jika semuanya benar

Iklan

A. Aulia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan (1) dan (3) benar.

pernyataan (1) dan (3) benar.

Iklan

Pembahasan

1. Benar. Selama gerak menggambarkan perubahan energi kinetik, dimana di titik setimbang energi kinetiknya maksimum dan energi potensialnya nol. Sedangkan saat mencapai simpangan maksimum, energi potensial maksimum dan energi kinetiknya adalah nol. Rumus untuk mencari besarnya energi kinetik gerak harmonis sederhana, yaitu : 2. Salah. Energi mekanik osilasi dirumuskan dengan persamaan : A adalah simpangan maksimum (amplitudo). Jadi simpangan kedua benda tidak sama, oleh karena itu amplitudonya berbeda. Amplitudo yang berbeda menyebabkan energi mekanik kedua benda seharusnya berbeda. 3. Benar. Frekuensi osilasi pegas dirumuskan : Karena frekuensi dan massa kedua benda sama, maka konstanta pegas kedua benda juga pasti sama. 4. Salah. Energi potensial osilasi maksimum terjadi pada saat simpangannya maksimum. Karena simpangan maksimum kedua benda berbeda, maka energi potensial maksimumnya juga pasti berbeda. Jadi, pernyataan (1) dan (3) benar.

1. Benar.

Selama gerak menggambarkan perubahan energi kinetik, dimana di titik setimbang energi kinetiknya maksimum dan energi potensialnya nol. Sedangkan saat mencapai simpangan maksimum, energi potensial maksimum dan energi kinetiknya adalah nol.

Rumus untuk mencari besarnya energi kinetik gerak harmonis sederhana, yaitu :

E K equals 1 half m v squared equals 1 half k left parenthesis A squared minus y squared right parenthesis  N o t e space colon  v equals omega square root of A squared minus y squared end root

2. Salah.

Energi mekanik osilasi dirumuskan dengan persamaan :

E M equals 1 half k A squared

A adalah simpangan maksimum (amplitudo). Jadi simpangan kedua benda tidak sama, oleh karena itu amplitudonya berbeda. Amplitudo yang berbeda menyebabkan energi mekanik kedua benda seharusnya berbeda.

3. Benar.

Frekuensi osilasi pegas dirumuskan :

f equals 1 half pi space square root of k over m end root

Karena frekuensi dan massa kedua benda sama, maka konstanta pegas kedua benda juga pasti sama.

4. Salah.

Energi potensial osilasi maksimum terjadi pada saat simpangannya maksimum. Karena simpangan maksimum kedua benda berbeda, maka energi potensial maksimumnya juga pasti berbeda.

Jadi, pernyataan (1) dan (3) benar.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

34

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah bandul matematik diberi simpangan awal kemudian berosilasi harmonik seperti diperlihatkan dalam gambar. Jika acuan pengukuran energi potensial adalah titik C, pernyataan manakah yang BENAR? ...

21

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia