Roboguru

Drama ringan yang berisi candaan dan bersifat menghibur, dapat pula bersifat menyindir, dan yang berakhir dengan bahagia, merupakan bentuk drama ....

Pertanyaan

Drama ringan yang berisi candaan dan bersifat menghibur, dapat pula bersifat menyindir, dan yang berakhir dengan bahagia, merupakan bentuk drama ....undefined 

  1. tragediundefined 

  2. dukaundefined 

  3. komediundefined 

  4. tragikomediundefined 

  5. dukariaundefined 

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Bentuk drama bermacam-macam, salah satu bentuk drama berdasarkan sajian isinya, yaitu sebagai berikut:

  • Tragedi (drama duka), yaitu drama yang menampilkan tokoh yang sedih atau muram, yang terlibat dalam situasi gawat karena sesuatu yang tidak menguntungkan.
  • Komedi (drama ria), yaitu drama ringan yang bersifat menghibur, walaupun selorohan di dalamnya dapat bersifat menyindir, dan yang berakhir dengan bahagia.
  • Tragikomedi (drama dukaria), yaitu drama yang sebenarnya menggunakan alur dukacita tetapi berakhir dengan kebahagiaan. 

Oleh karena itu, drama ringan yang berisi candaan dan bersifat menghibur, dapat pula bersifat menyindir, dan yang berakhir dengan bahagia, merupakan bentuk drama komedi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved