Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dr. Sun Yat Sen yang memimpikan pemerintahan Tiongkok didasarkan pada ajaran San Min Chu I yaitu nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme. SEBAB Republik Rakyat Tiongkok dibentuk oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong pada tanggal 1 Okrober 1949.

Dr. Sun Yat Sen yang memimpikan pemerintahan Tiongkok didasarkan pada ajaran San Min Chu I yaitu nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme.
SEBAB
Republik Rakyat Tiongkok dibentuk oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong pada tanggal 1 Okrober 1949.

  1. Jika kedua pernyataan benar dan keduanya mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  2. Jika kedua pernyataan benar, tetapi tidak mempunyai hubungan sebab akibat.
     

  3. Jika pernyataan pertama benar, sedangkan pernyataan kedua salah.
     

  4. Jika pernyataan pertama salah, sedangkan pernyataan kedua benar.
     

  5. Jika kedua pernyataan tersebut salah.

Iklan

A. NIZAR

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan pada soal, Dr. Sun Yat Sen yang memimpikan pemerintahan Tiongkok didasarkan pada ajaran San Min Chu I yaitu nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme benar . Dr. Sun Yat Sen merupakan tokoh nasionalis Tiongkok yang terkenal dengan ajarannya San Min Chu I atau tiga asas kerakyatan yang terdiri dari min t'sen (kebangsaan atau nasionalisme), min tsu (kerakyatan atau demokrasi) dan min sheng (kesejahteraan atau sosialisme). Melalui ajarannya ini, Sun Yat Sen bercita-cita membentuk pemerintahan pusat yang demokratis yang juga akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Tionghoa agar sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya. Alasan pada soal ini yaitu, Republik Rakyat Tiongkok dibentuk oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong pada tanggal 1 Oktober 1949 benar . Pada tahun 1927, Chiang Kai Sek memerangi Partai Komunis Tiongkok, dan berlangsung terus selama pendudukan Jepang atas Tiongkok (1937-1945). Setelah Perang Dunia II usai, perang saudara antara kaum nasionalis dan kaum komunis mulai berkobar lagi dan perang tersebut berakhir pada tahun 1949 yang dimenangkan oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong. Kemenangan ini ditandai dengan diproklamasikannya Republik Rakyat Tiongkok pada tanggal 1 Okrober 1949. Chiang Kai Sek pun melarikan diri ke Pulau Formosa (Taiwan). Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pada soal benar alasan juga benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Pernyataan pada soal, Dr. Sun Yat Sen yang memimpikan pemerintahan Tiongkok didasarkan pada ajaran San Min Chu I yaitu nasionalisme, demokrasi, dan sosialisme benar. Dr. Sun Yat Sen merupakan tokoh nasionalis Tiongkok yang terkenal dengan ajarannya San Min Chu I atau tiga asas kerakyatan yang terdiri dari min t'sen (kebangsaan atau nasionalisme), min tsu (kerakyatan atau demokrasi) dan min sheng (kesejahteraan atau sosialisme). Melalui ajarannya ini, Sun Yat Sen bercita-cita membentuk pemerintahan pusat yang demokratis yang juga akan mengangkat harkat dan martabat bangsa Tionghoa agar sejajar dengan bangsa-bangsa lainnya.

Alasan pada soal ini yaitu, Republik Rakyat Tiongkok dibentuk oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong pada tanggal 1 Oktober 1949 benar. Pada tahun 1927, Chiang Kai Sek memerangi Partai Komunis Tiongkok, dan berlangsung terus selama pendudukan Jepang atas Tiongkok (1937-1945). Setelah Perang Dunia II usai, perang saudara antara kaum nasionalis dan kaum komunis mulai berkobar lagi dan perang tersebut berakhir pada tahun 1949 yang dimenangkan oleh kaum komunis di bawah pimpinan Mao Zedong. Kemenangan ini ditandai dengan diproklamasikannya Republik Rakyat Tiongkok pada tanggal 1 Okrober 1949. Chiang Kai Sek pun melarikan diri ke Pulau Formosa (Taiwan).

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pada soal benar alasan juga benar namun keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Revolusi Cina terjadi pada awal abad XX. Pengaruh Revolusi Cina bagi kehidupan manusia saat ini berupa ......

22

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia