Roboguru

Doni dan Tia sedang melakukan percobaan di laboratorium. Doni dan Tia menyiapkan dua buah tabung reaksi. Doni menambahkan 1 mL larutan etena ke dalam salah satu tabung reaksi, sedangkan Tia menambahkan 1 mL larutan benzena ke dalam tabung reaksi lainnya. Penambahan larutan benzena dilakukan Tia di dalam lemari asam. Selanjutnya, keduanya menambahkan 3 tetes larutan bromin yang berwarna merah kecokelatan ke dalam masing-masing tabung reaksi. Setelah beberapa saat, Doni dan Tia membandingkan kedua tabung reaksi tersebut dan diperoleh bahwa pada tabung reaksi Doni warna larutan bromin menghilang (larutan tidak berwarna), sedangkan pada tabung reaksi Tia warna larutan bromin tetap (larutan jernih merah kecokelatan).   Mengapa Tia menambahkan larutan benzena di dalam lemari asam?

Pertanyaan

Doni dan Tia sedang melakukan percobaan di laboratorium. Doni dan Tia menyiapkan dua buah tabung reaksi. Doni menambahkan 1 mL larutan etena ke dalam salah satu tabung reaksi, sedangkan Tia menambahkan 1 mL larutan benzena ke dalam tabung reaksi lainnya. Penambahan larutan benzena dilakukan Tia di dalam lemari asam. Selanjutnya, keduanya menambahkan 3 tetes larutan bromin yang berwarna merah kecokelatan ke dalam masing-masing tabung reaksi. Setelah beberapa saat, Doni dan Tia membandingkan kedua tabung reaksi tersebut dan diperoleh bahwa pada tabung reaksi Doni warna larutan bromin menghilang (larutan tidak berwarna), sedangkan pada tabung reaksi Tia warna larutan bromin tetap (larutan jernih merah kecokelatan).
 

Mengapa Tia menambahkan larutan benzena di dalam lemari asam?

 

  1. ...  

  2. ... 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

    Benzena adalah senyawa kimia yang biasa ditemukan sebagai hasil samping dari proses penyulingan minyak bumi. Senyawa ini biasanya berwujud cairan tak berwarna yang mudah menguap (volatile) dan terbakar (higly flammable). Selain itu, terpapar benzena seperti terhirup, tertelan, terpercik dapat menyebabkan gangguan bahkan menyebabkan kanker (karsinogenik). Oleh karena itu, penyimpanan benzena harus ditempatkan dalam wadah tertutup, rapat, dan di dalam lemari asam yang memiliki blower (kipas udara) yang bertujuan untuk memberikan keamanan pada penggunanya/praktikan terhadap gas dari benzena itu sendiri.

Jadi, kenapa Tia menambahkan larutan benzena di dalam lemari asam adalah agar tidak terpapar (terhirup) gas benzena yang berbahaya bagi kesehatan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Rochmawatie

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Senyawa berikut yang dalam air bersifat asam adalah....

0

Roboguru

Berikut ini yang bukan merupakan sifat benzena adalah ....

0

Roboguru

Pernyataan-pernyataan di bawah ini berhubungan dengan mesitilena, kecuali ....

0

Roboguru

Senyawa manakah yang berwujud cair pada suhu ruang?

0

Roboguru

Tuliskan sifat-sifat benzena...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved