Iklan

Iklan

Pertanyaan

Disediakan bahan-bahan berupa sirop, obat mag, aki zuur , air jeruk nipis, dan air sabun cuci piring. Jelaskan perubahan warna yang terjadi saat bahan-bahan tersebut diuji menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air!

Disediakan bahan-bahan berupa sirop, obat mag, aki zuur, air jeruk nipis, dan air sabun cuci piring. Jelaskan perubahan warna yang terjadi saat bahan-bahan tersebut diuji menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air! 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perubahan warna sirop, aki zuur, dan air jeruk nipis menggunakan ekstrak mawar merah menjadi merah muda, sedangkan dengan ekstrak daun pacar air menjadi hijau; obat maag dan sabun cuci piring dengan ekstrak mawar merah menjadi kuning sedangkan menggunakan ekstrak daun pacar air menjadi kuning.

perubahan warna sirop, aki zuur, dan air jeruk nipis menggunakan ekstrak mawar merah menjadi merah muda, sedangkan dengan ekstrak daun pacar air menjadi hijau; obat maag dan sabun cuci piring dengan ekstrak mawar merah menjadi kuning sedangkan menggunakan ekstrak daun pacar air menjadi kuning. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air merupakan indikator alami asam basa, yaitu zat alam yang dapat memberikan perubahan warna tertentu jika diujikan pada larutan yang bersifat asam dan larutan yang bersifat basa. Berikut ditunjukkan tabel perubahan warna indikator tersebut. Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan: Sirop, aki zuur, air jeruk nipis bersifat asam . Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi merah muda. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi hijau. Obat maag dan air sabun cuci piring bersifat basa. Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi kuning. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi kuning. Jadi, perubahan warna sirop, aki zuur, dan air jeruk nipis menggunakan ekstrak mawar merah menjadi merah muda, sedangkan dengan ekstrak daun pacar air menjadi hijau; obat maag dan sabun cuci piring dengan ekstrak mawar merah menjadi kuning sedangkan menggunakan ekstrak daun pacar air menjadi kuning.

Ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air merupakan indikator alami asam basa, yaitu zat alam yang dapat memberikan perubahan warna tertentu jika diujikan pada larutan yang bersifat asam dan larutan yang bersifat basa. Berikut ditunjukkan tabel perubahan warna indikator tersebut.



Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan:

  • Sirop, aki zuur, air jeruk nipis bersifat asam. Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi merah muda. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi hijau.
  • Obat maag dan air sabun cuci piring bersifat basa. Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi kuning. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi kuning.

Jadi, perubahan warna sirop, aki zuur, dan air jeruk nipis menggunakan ekstrak mawar merah menjadi merah muda, sedangkan dengan ekstrak daun pacar air menjadi hijau; obat maag dan sabun cuci piring dengan ekstrak mawar merah menjadi kuning sedangkan menggunakan ekstrak daun pacar air menjadi kuning. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

26

Nisfatun Kholifah

Jawaban tidak sesuai

Sofia Ramadhani

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan trayek perubahan warna dari beberapa indikator alami berikut! Data pengujian yang tepat jika larutan cuka diuji menggunakan ketiga indikator tersebut adalah ....

47

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia