Roboguru

Disediakan bahan-bahan berupa sirop, obat mag, aki zuur, air jeruk nipis, dan air sabun cuci piring. Jelaskan perubahan warna yang terjadi saat bahan-bahan tersebut diuji menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air!

Pertanyaan

Disediakan bahan-bahan berupa sirop, obat mag, aki zuur, air jeruk nipis, dan air sabun cuci piring. Jelaskan perubahan warna yang terjadi saat bahan-bahan tersebut diuji menggunakan ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ekstrak bunga mawar merah dan ekstrak daun pacar air merupakan indikator alami asam basa, yaitu zat alam yang dapat memberikan perubahan warna tertentu jika diujikan pada larutan yang bersifat asam dan larutan yang bersifat basa. Berikut ditunjukkan tabel perubahan warna indikator tersebut.



Berdasarkan tabel diatas, dapat disimpulkan:

  • Sirop, aki zuur, air jeruk nipis bersifat asam. Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi merah muda. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi hijau.
  • Obat maag dan air sabun cuci piring bersifat basa. Jika diuji dengan ekstrak mawar merah akan berubah warna menjadi kuning. Jika diuji dengan ekstrak daun pacar air akan berubah warna menjadi kuning.

Jadi, perubahan warna sirop, aki zuur, dan air jeruk nipis menggunakan ekstrak mawar merah menjadi merah muda, sedangkan dengan ekstrak daun pacar air menjadi hijau; obat maag dan sabun cuci piring dengan ekstrak mawar merah menjadi kuning sedangkan menggunakan ekstrak daun pacar air menjadi kuning. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan data hasil pengujian salah satu larutan di laboratorium dengan beberapa indikator berikut! Berdasarkan data tersebut, kemungkinan larutan yang diuji adalah....

Pembahasan Soal:

Berdasarkan hasil pengujian tersebut diperoleh larutan yang diuji bersifat asam. Opsi pilihan jawaban yang bersifat asam adalah asam formil (begin mathsize 14px style H C O O H end style).

Jadi, jawaban yang benar adalah D.undefined 

0

Roboguru

Hasil pengujian terhadap berbagai ekstrak mahkota bunga adalah sebagai berikut.    Berdasarkan data percobaan, ekstrak mahkota bunga yang dapat digunakan sebagai indikator asam-basa adalah ekstrak y...

Pembahasan Soal:

Salah satu syarat wajib suatu ekstrak menjadi indikator alami seperti ekstrak mahkota bunga adalah yang memiliki perbedaan warna ketika ditetesi asam atau ketika ditetesi basa. 

Ekstrak yang berwarna hijau tidak berubah warna ketika ditetesi asam dan/atau basa. 

Maka yang dapat menjadi indikator asam basa adalah warna ekstrak merah, kuning, dan biru. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

1

Roboguru

Disajikan hasil uji larutan X dengan beberapa indikator alami berikut: Jika larutan tersebut diuji dengan beberapa larutan indikator buatan, kemungkinan perubahan warna yang dihasilkan adalah....

Pembahasan Soal:

Untuk mengetahui apakah senyawa X merupakan asam atau basa, kita perhatikan data hasil uji larutan X dengan beberapa indikator alami tersebut. Kemudian, cocokan warna yang dihasilkan dengan tabel dibawah ini:

Dari hasil tersebut didapatkan bahwa senyawa X bersifat asam.

Jika larutan tersebut diuji dengan beberapa larutan indikator buatan, kemungkinan perubahan warna yang dihasilkan adalah merah muda (fenolftalein), biru (bromtimol biru), kuning (metil merah), dan ungu (bromkresol ungu).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Diantara bahan baku berikut yang dapat digunakan sebagai indikator alami asam basa adalah ...

Pembahasan Soal:

Asam sitrat dapat digunakan sebagai indikator alami asam basa. Asam sitrat adalah asam yang ditemukan dalam berbagai jenis buah dan sayur.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

1

Roboguru

Salah satu keunggulan menggunakan indikator alami dalam proses identifikasi sifat asam dan basa suatu senyawa adalah...

Pembahasan Soal:

Salah satu kelebihan menggunakan indikator alami adalah tidak berbahaya dan ramah lingkungan. Sedangkan kelemahannya adalah tidak dapat mengukur pH larutan secara presisi. Sehingga hanya bisa menentukan range pH dari larutan.space


Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved