Roboguru

Disebutkan dalam laporan Deloitte Indonesia Perspective bahwa lima kota yang paling berpengaruh terhadap bisnis ritel di Indonesia adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar. Jelaskan minimal 5 karakteristik yang menjadi alasan kelima kota tersebut sangat berpengaruh?

Pertanyaan

Disebutkan dalam laporan Deloitte Indonesia Perspective bahwa lima kota yang paling berpengaruh terhadap bisnis ritel di Indonesia adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar. Jelaskan minimal 5 karakteristik yang menjadi alasan kelima kota tersebut sangat berpengaruh? space

  1. .... space

  2. .... space

Pembahasan Soal:

Karakteristik yang menjadi alasan kelima kota tersebut sangat berpengaruh antara lain:

  • Kelima kota tersebut merupakan kota industri di Indonesia.
  • Kelima kota tersebut merupakan pusat perekonomian di pulaunya masing-masing.
  • Kelima kota tersebut merupakan kota besar di Indonesia.
  • Kelima kota tersebut merupakan kota yang padat penduduknya di Indonesia.
  • Kelima kota tersebut merupakan kota dengan tingkat perputaran uang terbesar di Indonesia. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Setiawan

Mahasiswa/Alumni UIN Sumatera Utara

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manfaat pusat-pusat keunggulan ekonomi bagi kehidupan budaya masyarakat adalah ...

Pembahasan Soal:

Dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi maka dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Karena dengan adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi dapat membuka lapangan pekerjaan baru selain itu dapat menghasilkan produk-produk yang berjual nilai tinggi dan memiliki kualitas ekspor sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Tidak hanya itu, dengan memiliki pusat keunggulan ekonomi diharapkan seluruh kebutuhan hidup rakyat Indonesia dapat  tercukupi.

Maka, jawaban yang tepat adalah poin D.  undefined 

0

Roboguru

Apa yang harus dilakukan suatu negara untuk menciptakan keunggulan ekonomi?

Pembahasan Soal:

Upaya negara dalam menciptakan keunggulan ekonomi adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia
    Kualitas sumber daya manusia yang baik akan mampu mengolah sumber daya alam sebuah negara dengan baik sehingga efektif untuk menciptakan keunggulan ekonomi.
  2. Memperbaiki infrastruktur
    Infrastruktur yang dibutuhhkan tidak hanya infrastruktur darat, melainkan juga harus memperhatikan infrastruktur udara dan laut. Karena infrastruktur yang baik akan membuat distribusi perekonomian menjadi lancar untuk membangun keunggulan ekonomi di sebuah negara.
  3. Membuka lapangan pekerjaan baru
    Dengan adanya lapangan kerja baru, masyarakat akan memiliki pendapatan untuk konsumsi sehingga perekonomian menjadi bergerak. Selain itu dengan masyarakat memiliki pendapatan, maka menjadi pendapatan juga bagi negara melalui pajak sehingga dapat menunjang pembangunan ekonomi untuk menciptakan keunggulan ekonomi.
  4. Meningkatkan investasi
    Investasi bisa didapatkan dari dalam negeri atau luar negeri, bertujuan agar menambah pendapatan anggaran suatu negara untuk melakukan pembangunan ekonomi seperti peningkatan kualitas SDM, perbaikan infratruktur, atau pembukaan lapangan kerja sehingga dapat menciptakan keunggulan ekonomi. 
  5. Meningkatkan nilai ekspor
    Peningkatan nilai ekspor dilakukan dengan persaingan produk di pasar internasional, maka akan membuat pelaku usaha menjadi kompetitif untuk menciptakan produk yang lebih inovatif, kreatif, dan berkualitas. Selain itu, peningkatan nilai ekspor juga memberikan pendapatan yang lebih besar bagi negara sehingga memiliki anggaran yang lebih cukup untuk pembangunan ekonomi.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi, baik yang bersifat positif maupun negatif!

Pembahasan Soal:

Dampak Positif:

  1. Perekonomian disuatu negara semakin lancar
  2. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat
  3. Memperluas lapangan pekerjaan

Dampak Negatif:

  1. Adanya kerusakan lingkungan hidup dalam masyarakat
  2. Mengakibatkan kurangnya lahan pertanian dalam masyarakat
  3. Hilangnya habitat alam, baik hewani maupun hayati undefined 

0

Roboguru

Jelaskan 3 pengaruh yang ditimbulkan oleh pusat-pusat keunggulan ekonomi!

Pembahasan Soal:

Pusat keunggulan ekonomi di Indonesia berpengaruh besar dalam berbagai bidang kehidupan. Pengaruh yang ditimbulkan tersebut dapat bersifat positif dan negatif. 

  1. Migrasi Penduduk
    Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai Negara sehingga setiap negara memiliki keunggulan ekonomi mendorong untuk melakukan mobilitas penduduk. Pergerakan tersebut mencakup pula pergerakan sumber daya berupa barang atau komoditas antar negara. 
    Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya. Alasan tersebut sangat beragam tetapi umumnya karena alasan ekonomi. 
  2. Transportasi
    Dalam kegiatan transportasi keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga membawa pengaruh besar. Mobilitas penduduk dalam suatu negara atau antar negara  tidak dapat dilakukan tanpa adanya sarana dan prasarana transportasi pemerintah membangun sarana jalan, bandara, pelabuhan, kapal laut dan pesawat. 
  3. Lembaga Sosial Ekonomi
    Di masa globalisasi sekarang ini, bangsa Indonesia sedang mengalami sebuah perubahan yang besar diberbagai sektor. Ini dibuktikan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat. 
    Dengan kemajuan teknologi dan informasi seperti televisi, komputer, internet, media cetak dan elektronik mengakibatkan  masyarakat  Indonesia  dapat  dengan  mudah  mengakses keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat. Dapat juga dikatakan bahwa lembaga sosial merupakan himpunan norma-norma segala segala tingkatan  yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat. undefined 

0

Roboguru

Aspek penting yang menyangkut pengelolaan Sumber Daya Alam yang dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat dikelola oleh negara sepenuhnya,dengan alasan....

Pembahasan Soal:

Sumber daya alam yang menguasai hajat hidup masyarakat harus dikuasai oleh negara. Hal ini dilakukan untuk mencegah eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam tersebut oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu juga mencegah terjadinya penguasaan pribadi atas sumber daya alam tersebut. Jika ini terjadi maka kebutuhan masyarakat terhadap sumber daya alam tersebut sulit terpenuhi karena sudah dikuasai oleh golongan tertentu.

Dengan demikian, aspek penting yang menyangkut pengelolaan Sumber Daya Alam yang dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat dikelola oleh negara sepenuhnya dengan alasan agar menghindari adanya eksploitasi besar-besaran dan penguasaan oleh segelintir orang yang ingin meraup keuntungan pribadi. space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved