Roboguru

Dipertengahan tahun 1998 presiden Soeharto dinilai tidak dipercayai lagi oleh sebagian masyarakat Indonesia karena dalam pemerintahanya...

Pertanyaan

Dipertengahan tahun 1998 presiden Soeharto dinilai tidak dipercayai lagi oleh sebagian masyarakat Indonesia karena dalam pemerintahanya...

  1. Banyaknya terjadi KKN

  2. Menyelenggarakan pemerintahan sentralisasi

  3. Menyelenggarakan system ekonomi yang berpihak kepada rakyat

  4. MPR seolah-olah memilih Presiden seumur hidup

  5. Utang Negara yang banyak tidak terbayar

Pembahasan Soal:

Pemerintahan masa orde baru yang dipimpin oleh presiden Sorharto sering diidentikkan dengan masa penuh korupsi, kolusi dan nepotisme karena maraknya terjadinya KKN yang dilakukan oleh elit-elit petinggi negara. Hal ini disebabkan karena tersentralisasinya kepemimpinan presiden Soeharto dan sering terjadinya penyimpangan konsitusi maupun peraturan perundang-undangan UUD 1945. Pada masa itu pula adanya partai politik dominan yang menjadi penguasa sistem politik di Indonesia sehingga pemerintahan hanya memihak kepada kepentingan pihak-pihak tertentu saja. Akibat dari hal ini terjadinya inflasnsi besar-besaran yang dialami Indonesia sehingga harga tukar rupiah jatuh ketitik terendah dan harga semua komoditas pokok menjadi mahal serta lengsernya presiden Soeharto akibat gerakan masa yang menyuarakan reformasi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan latar belakang lahirnya era reformasi

Pembahasan Soal:

Berikut ini latar belakang lahirnya era reformasi:

  1. Krisis Ekonomi 1997, pada tahun 1997, beberapa negara di Kawasan Asia terkena dampak terhadap krisis ekonomi global. krisis tersebut diperparah dengan kepanikan masyarakat yang melihat keterpurukan nilai rupiah dan berlomba-lomba menukarkan rupiah dengan dolar.
  2. Demonstrasi massa, akhir era Orde baru ditandai dengan kerusuhan massa dan protes-protes mahasiswa di jalan-jalan. Mahasiswan dan masyarakat yang menuntut agar Soeharto mundur dari jabatannya sebagai presiden Indonesia berhasil. bulan mei 1998, Soeharto menyampaikan surat pengunduran dirinya dan pemerintahan selanjutnya dilanjutkan oleh B.J Habibie yang saat itu adalah wakil presiden Soeharto
  3. Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Korupsi, Kolusi dan Nepotisme menjadi momok serius pada pemerinthan Orde Baru. sebagian besar institusi dan perangkat negara melakukan korupsi, kolusi dan nepotismeyang mengakibatkan meruginya negara, dan tidak profesionalnya lembaga dalam menjalankan tugas kenegaraan.
  4. Tumpulnya Hukum. Hukum di Indonesia pada saat orde baru, tajam kebawah dan tumpul keatas. hal tersebut membuat ketidak percayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia

Dengan demikian, beberapa hal yang menjadi latar belakang terciptanya reformasi diantaranya ialah disebabkan krisis moneter yang dialami oleh kawasan asia termasuk Indonesia sendiri dan KKN ( korupsi, kolusi, dan nepotisme) juga semakin banyak dalam kehidupan pemerintahan sehingga memunculkan rasa tidak percaya akan pemerintahan orde baru.

0

Roboguru

Jelaskan yang dimaksud krisis multidemensi yang mengakhiri pemerintahan ORBA pada tahun 1998!

Pembahasan Soal:

Krisis multidimensional merupakan krisis yang meIanda bangsa Indonesia pada 1997-1998.  Krisis multidimensional adalah kondisi genting di suatu negara yang terjadi di berbagai bidang, baik moneter, ekonomi, politik, hukum, maupun krisis kepercayaan. Kegagalan pemerintahan Orde Baru dalam mengatasi krisis di berbagai bidang ini lantas membuat masyarakat terutama mahasiswa turun kejalan untuk melakukan demonstrasi. Mereka menuntut dilakukannya reformasi serta pelengseran Presiden Soeharto.
Adapun beberapa bentuk krisis multidimensi itu, mencakup misalnya terjadi dalam perekonomian yakni krisis moneter ditandai dengan melemahnya rupiah atas dollar Amerika, dan penumpukan utang negara. Sementara krisis dalam bidang lain, seperti hukum dan birokrasi, adalah praktik dalam birokrasi yang Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Dengan demikian, yang dimaksud krisis multidimensional adalah krisis yang menerpa Indonesia di berbagai bidang kehidupan, baik moneter, ekonomi, politik, hukum, maupun krisis kepercayaan pada akhir Orde Baru.

0

Roboguru

Terjadinya krisis ekonomi, politik dan sosial pada tahun 1998 menimbulkan reaksi masyarakat sehingga kepercayaan terhadap kepemimpinan Soeharto menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Orde Baru perekonomian Indonesia dapat dikatakan berkembang pesat. Pembangunan infrastruktur yang meningkat dan merata, sehingga dapat dinikmati masyarakat. Namun, hal tersebut dibarengi dengan praktek Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme (KKN). Puncaknya pada tahun 1998 terjadi krisis multidimensional meliputi sistem ekonomi, politik dan sosial. Hal tersebut mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Atas kondisi demikian, timbul berbagai gejolak dan demostrasi masyarakat. Hal ini menyebabkan Soeharto menyatakan diri berhenti sebagai presiden setelah 32 tahun memimpin Indonesia.

Dengan demikian, krisis multidimensional menyebabkan mundurnya Soeharto dari kursi kepresidenan sehingga berakhir era Orde Baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Salah satu krisis yang melanda Indonesia pada akhir Orde Baru adalah krisis kepercayaan. Deskripsikan krisis kepercayaan yang muncul pada masa itu!

Pembahasan Soal:

Krisis multidimensional yang melanda bangsa Indonesia telah mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto. Ketidakmampuan pemerintah membangun kehidupan politik yang demokratis, menegakkan pelaksanaan hukum dan sistem peradilan, serta menerapkan kebijakan ekonomi yang tidak berpihak pada rakyat kebanyakan telah melahirkan krisis kepercayaan. Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya anggota pemerintahan yang melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Kolusi yang menyuburkan monopoli telah melebarkan jurang antara kaya dan miskin. Hanya sekelompok orang yang dapat menikmati kesempatan dan fasilitas-fasilitas khusus di bidang ekonomi, sementara sebagian besar rakyat tetap hidup di bawah garis kemiskinan. Krisis ekonomi, politik, dan hukum menambah ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah Orde Baru. Sebagai contoh, ketika Presiden Soeharto mengumumkan kenaikan harga BBM dan tarif angkutan umum, masyarakat dan mahasiswa melakukan protes. Protes tersebut berujung pada tuntutan reformasi dan mundurnya Soeharto sebagai Presiden Indonesia.

Dengan demikian, krisis kepercayaan muncul karena ketidakmampuan pemerintah membangun kehidupan politik yang demokratis, menegakkan pelaksanaan hukum dan sistem peradilan, serta menerapkan kebijakan ekonomi yang tidak berpihak pada rakyat kebanyakan serta diperparah oleh praktik KKN.

0

Roboguru

Krisis pada 1997-1998 yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru mencakup berbagai bidang sehingga disebut krisis ....

Pembahasan Soal:

Krisis ekonomi merupakan salah satu bentuk krisis multidimensional yang menggoyahkan stabilitas nasional Indonesia hingga berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru. Krisis multidimensional merupakan gabungan dari berbagai krisis, yaitu moneter, ekonomi, politik, sosial, hukum, maupun kepercayaan. Krisis multidimensional melanda bangsa Indonesia pada 1997–1998. Krisis multidimensional berdampak besar bagi kehidupan bangsa Indonesia. Krisis multidimensional yang melanda bangsa Indonesia saat itu, telah mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kepemimpinan Presiden Soeharto sehingga membuat pemerintahan pada saat itu semakin tidak stabil dan berujung berakhirnya pemerintahan di masa Orde Baru.

Dengan demikian, krisis pada 1997-1998 yang berujung pada jatuhnya pemerintahan Orde Baru mencakup berbagai bidang disebut krisis multidimensional.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved