Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dina seorang remaja putri. Dia sering pulang malam tanpa alasan yang jelas. Di samping itu, DIna seriing berpesta hingga larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan para tetangga. Akhirnya masyarakat mencela. Celaan masyarakat tersebut menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya. Berdasarkan ilustrasi di atas, tujuan pengendalian sosial yang dilakukan masyarakat adalah ....

Dina seorang remaja putri. Dia sering pulang malam tanpa alasan yang jelas. Di samping itu, DIna seriing berpesta hingga larut malam, sehingga mengganggu kenyamanan para tetangga. Akhirnya masyarakat mencela. Celaan masyarakat tersebut menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Berdasarkan ilustrasi di atas, tujuan pengendalian sosial yang dilakukan masyarakat adalah ....

 

  1. menjaga ketertiban sosial

  2. mencegah penyimpangan

  3. mengembangkan budaya malu

  4. menciptakan sistem hukum

  5. menegakkan sistem hukum

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pengendalian sosial merupakan mekanisme untuk mencegah penyimpangan dan mengarahkan anggota masyarakat untuk bertindak menurut norma dan nilai yang telah melembaga. Berdasarkan soal terdapat kata kunci yaitu menganggu kenyamanan para tetangga yang akhirnya masyarakat mencela dan menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya sehingga tujuan pengendalian tersebut adalah menjaga ketertiban sosial. Kata "menganggu kenyamanan" mengindikasikan keadaan yang tidak tertib sehingga dilakukan pengendalian sosial untuk menjaga ketertiban sosial. Hal ini sesuai dengan penjelasanPetter L. Berger tentang pengendalian sosial, yaitu berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang.

Pengendalian sosial merupakan mekanisme untuk mencegah penyimpangan dan mengarahkan anggota masyarakat untuk bertindak menurut norma dan nilai yang telah melembaga. Berdasarkan soal terdapat kata kunci yaitu menganggu kenyamanan para tetangga yang akhirnya masyarakat mencela dan menyadarkan Dina untuk tidak mengulangi perbuatannya sehingga tujuan pengendalian tersebut adalah menjaga ketertiban sosial. Kata "menganggu kenyamanan" mengindikasikan keadaan yang tidak tertib sehingga dilakukan pengendalian sosial untuk menjaga ketertiban sosial. Hal ini sesuai dengan penjelasan Petter L. Berger tentang pengendalian sosial, yaitu berbagai cara yang digunakan masyarakat untuk menertibkan anggotanya yang membangkang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

284

Oliver Meinhard

Dasar males baca, jelas jelas jawabannya mencegah penyimpangan, baca aja di awal awal kalimat

Gabby Tandez

Pembahasan tidak lengkap Pembahasan tidak menjawab soal

RIDHO ADY PRAYOGA

Pembahasan tidak menjawab soal

Fara Nabila

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menggosipkan seseorang dalam sebuah wadah seperti arisan kelompok ibu-ibu terkadang terasa asyik, meskipun hal itu kadang dinilai sebagai tindakan yang tidak terpuji. Dalam pengendalian sosial, gosip ...

74

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia