Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui suatu reaksi berikut. 2 H 2 ​ ( g ) + SO 2 ​ ( g ) → 2 H 2 ​ O ( l ) + S ( s ) Persamaan laju reaksi, r = k [ H 2 ​ ] 2 [ SO 2 ​ ] . Pernyataan berikut yang tidak benar adalah...

Diketahui suatu reaksi berikut.



Persamaan laju reaksi, . Pernyataan berikut yang tidak benar adalah...space 

  1. Orde terhadap H subscript 2 = 2.

  2. Orde terhadap S O subscript 2 = 1.

  3. Orde total = 3.

  4. Jika open square brackets H subscript 2 close square brackets dinaikkan 2 kali dan open square brackets S O subscript 2 close square brackets tetap, laju reaksinya menjadi 2 kali semula 

  5. Jika open square brackets H subscript 2 close square brackets tetap dan open square brackets S O subscript 2 close square brackets dinaikkan 3 kali, laju reaksinya menjadi 3 kali semula.

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada soal sudah ditentukan persamaan laju reaksi tersebut yaitu , berdasarkan persamaan laju tersebut maka dapat diambil kesimpulan. Orde reaksi adalah 2 Orde reaksi adalah 1 Orde total merupakan penjumlahan dari orde dalam persamaan laju reaksi yaitu3 Jika konsentasi dinaikkan menjadi 2 kali maka laju reaksi akan meningkat 4 kali dari semula karena memiliki orde reaksi 2 Jika konsentrasi dinaikan 3 kali dari semula maka laju reaksi akan meningkat 3 kali dari semula karena memiliki orde reaksi 1. Oleh karena itu, pernyataan yang tidak benar adalahJika dinaikkan 2 kali dan tetap, laju reaksinya menjadi 2 kali semula. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pada soal sudah ditentukan persamaan laju reaksi tersebut yaitu italic r equals italic k open square brackets H subscript 2 close square brackets squared open square brackets S O subscript 2 end subscript close square brackets, berdasarkan persamaan laju tersebut maka dapat diambil kesimpulan.

  • Orde reaksi H subscript 2 adalah 2
  • Orde reaksi S O subscript 2 adalah 1
  • Orde total merupakan penjumlahan dari orde dalam persamaan laju reaksi yaitu 3
  • Jika konsentasi H subscript 2 dinaikkan menjadi 2 kali maka laju reaksi akan meningkat 4 kali dari semula karena H subscript 2 memiliki orde reaksi 2
  • Jika konsentrasi S O subscript 2 dinaikan 3 kali dari semula maka laju reaksi akan meningkat 3 kali dari semula karena S O subscript 2 memiliki orde reaksi 1.

Oleh karena itu, pernyataan yang tidak benar adalah Jika open square brackets H subscript 2 close square brackets dinaikkan 2 kali dan open square brackets S O subscript 2 close square brackets tetap, laju reaksinya menjadi 2 kali semula.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Reaksi: A + B → zat hasil Orde reaksi pada percobaan 2 dan 4 adalah ...

25

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia