Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui skala keelektronegatifan unsur H = 2 , 1 ; O = 3 , 5 ; C = 2 , 5 ; N = 3 , 0 ; dan Cl = 3 , 0. Molekul berikut yang paling polar adalah ...

Diketahui skala keelektronegatifan unsur dan Molekul berikut yang paling polar adalahspace...

  1. N H subscript 3

  2. H subscript 2 O

  3. C H subscript 4

  4. H Cl

  5. H subscript 2

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah B.

jawaban yang benar adalahspaceB.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kedudukan pasangan elektron ikatan tidak selalu simetris terhadap kedua atom yang berikatan. Hal ini disebabkan karena setiap unsur mempunyai daya tarik elektron (keelektronegatifan) yang berbeda-beda. Salah satu akibat dari keelektronegatifan adalah terjadinya polarisasi pada ikatan kovalen. Peristiwa terjadinya kutub akibat adanya elektron yang lebih tertarik ke salah satu atom disebut dengan polarisasi dan ikatan yang terbentuk disebut ikatan kovalen polar. Apabila dalam suatu molekul terdapat beda keelektronegatifan antar atom-atom penyusunnya, maka akan terjadi kepolaran. Semakin besar perbedaan harga keelektronegatifan antara kedua atom, semakin polar ikatannya. Selain itu, semakin banyak pasangan elektron bebas (PEB) pada atom pusat maka semakin polar senyawanya. Molekul yang paling polar adalah karena memiliki selisih skala keelektronegatifan paling besar. Selain itu pada molekul terdapat 2 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 2 pasangan elektron bebas (PEB). Hal ini yang menyebabkan molekul lebih polar dibandingkan dengan molekul . Pada molekul terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 1 pasangan elektron bebas (PEB). Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Kedudukan pasangan elektron ikatan tidak selalu simetris terhadap kedua atom yang berikatan. Hal ini disebabkan karena setiap unsur mempunyai daya tarik elektron (keelektronegatifan) yang berbeda-beda. Salah satu akibat dari keelektronegatifan adalah terjadinya polarisasi pada ikatan kovalen. Peristiwa terjadinya kutub akibat adanya elektron yang lebih tertarik ke salah satu atom disebut dengan polarisasi dan ikatan yang terbentuk disebut ikatan kovalenspacepolar.

Apabila dalam suatu molekul terdapat beda keelektronegatifan antar atom-atom penyusunnya, maka akan terjadi kepolaran. Semakin besar perbedaan harga keelektronegatifan antara kedua atom, semakin polar ikatannya. Selain itu, semakin banyak pasangan elektron bebas (PEB) pada atom pusat maka semakin polarspacesenyawanya.

Molekul yang paling polar adalahspaceH subscript 2 O karena memiliki selisih skala keelektronegatifan paling besar. Selain itu pada molekul H subscript 2 O terdapat 2 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 2 pasangan elektron bebas (PEB). Hal ini yang menyebabkan molekul H subscript 2 O lebih polar dibandingkan dengan molekul N H subscript 3. Pada molekul N H subscript 3 terdapat 3 pasangan elektron ikatan (PEI) dan 1 pasangan elektron bebasspace(PEB).

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceB.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

423

Jeremiah Gunawan

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui keelektronegatifan unsur H, Cl, F, dan Br secara berturut-turut, yaitu 2,1 ; 2,0; 4; dan 2,8. Senyawa kovalen berikut yang paling polar adalah ....

35

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia