Roboguru

Diketahui reaksi senyawa karbon 1.CH3​CH+B2​→CHBr=CHBr2.CH4​+Cl2​→CH3​Cl+HCl   Jenis reaksi pada persamaan reaksi tersebut berturut-turut adalah...

Pertanyaan

Diketahui reaksi senyawa karbon

begin mathsize 14px style 1. space C H subscript 3 C H and B subscript 2 yields C H Br double bond C H Br 2. space C H subscript 4 and Cl subscript 2 yields C H subscript 3 Cl and H Cl end style  

Jenis reaksi pada persamaan reaksi tersebut berturut-turut adalah...

  1. Subsitusi dan eliminasi

  2. Adisi dan subsitusi

  3. Adisi dan eliminasi

  4. Subsitusi dan adisi

Pembahasan Soal:

  1. Alkena merupakan senyawa hidrokarbon yang lebih reaktif daripada alkana. Kereaktifan alkena disebabkan adanya ikatan rangkap. Alkena mengalami reaksi adisi yaitu Terputusnya ikatan rangkap menjadi ikatan tunggal mengakibatkan terbentuknya senyawa jenuh (alkana).  Seperti pada: Error converting from MathML to accessible text. 
     
  2. Alkana merupakan hidrokarbon jenuh dan semua ikatan yang ada merupakan ikatan kovalen yang sempurna. Reaksi pada alkana umumnya merupakan reaksi substitusi, yaitu reaksi penggantian gugus atom hidrogen pada suatu alkana, salah satu contoh reaksi subsitusinya adalah: Error converting from MathML to accessible text. 

Reaksi 1 merupakan reaksi adisi alkena dan reaksi dua merupakan reaksi subsitusi alkana.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Kartika

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penjelasan berikut yang benar mengenai persamaan sifat antara etana dan etena adalah keduanya ....

Pembahasan Soal:

Hidrokarbon berdasarkan ikatan antaratom karbonnya dapat dibedakan menjadi hidrokarbon jenuh dan hidrokarbon tak jenuh. Hidrokarbon jenuh adalah hidrokarbon yang ikatan antar atom karbonnya berupa ikatan kovalen tunggal yang disebut dengan alkana. Sedangkan hidrokarbon tak jenuh adalah hidrokarbon yang memiliki ikatan rangkap antaratom karbonnya, yaitu alkena dan alkuna.

Biasanya hidrokarbon tak jenuh dapat dideteksi dengan reaksi penambahan brom. Jika warna brom berubah, menandakan senyawa tersebut adalah hidrokarbon tak jenuh (bereaksi adisi dengan B subscript 2). Reaksi adisi tidak dapat terjadi pada alkana karena tidak memiliki ikatan rangkap. Alkena juga dapat mengalami polimerisasi, yaitu ikatan antara molekul-molekul kecil yang disebut monomer membentuk molekul raksasa melalui pengulangan ikatan yang sangat panjang dari monomer-monomer tersebut membentuk polimer. Polimer yang dibentuk melalui reaksi adisi disebut polimer adisi. Reaksi dengan air juga merupakan reaksi adisi. 

Reaksi yang dapat terjadi baik di alkana maupun alkena adalah reaksi pembakaran, yaitu reaksi dengan oksigen menghasilkan oksida karbon dan uap air. Reaksi ini tidak dipengaruhi oleh jenuh atau tidaknya suatu senyawa hidrokarbon.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Di antara senyawa hidrokarbon berikut yang tidak mengalami reaksi adisi adalah ....

Pembahasan Soal:

Reaksi adisi merupakan reaksi penggabungan dua atau lebih molekul menjadi sebuah molekul yang lebih besar dan ditandai dengan berkurangnya ikatan rangkap. Senyawa yang dapat mengalami reaksi adisi adalah alkena dan alkuna, sedangkan alkana tidak dapat mengalami reaksi adisi.undefined 

  1. 4-metil-2-heksena = alkena
  2. 2,3-pentadiena = alkena
  3. 2-metilpentana = alkana
  4. 3-pentuna = alkuna
  5. 2-heksena = alkena
     

Dapat disimpulkan bahwa senyawa yang tidak mengalami reaksi adisi, yaitu 2-metilpentana.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Tuliskan persamaan reaksi yang terjadi dan sebutkan nama senyawa yang dihasilkan dari: propilena + gas klorin

Pembahasan Soal:

Pada soal diketahui:

  • senyawa propilena adalah alkena yaitu senyawa yang memiliki ikatan rangkap dua. Propilena memiliki 3 atom C.
    begin mathsize 14px style H subscript 2 C double bond C H bond C H subscript 3 end style
  • gas klorin adalah begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style

Reaksi yang terjadi antara propilena dan gas klorin adalah reaksi adisi dengan gas halogen. Reaksi adisi dengan halogen yaitu pemutusan ikatan rangkap dengan penambahan golongan halogen. Golongan halogen pada soal adalah begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style. Halogen akan menempel pada atom karbon yang memiliki atom H paling sedikit. Maka reaksinya adalah:

begin mathsize 14px style H subscript 2 C double bond C H bond C H subscript 3 and Cl subscript 2 yields C H subscript 2 Cl bond C H Cl bond C H subscript 3 end style

pada senyawa yang dihasilkan diketahui bahwa  berikatan pada atom karbon yang pertama dan yang kedua, maka diberi nama 1,2-dikloro. Dan rantai utamanya memiliki 3 atom karbon berikatan tunggal dan diberi nama propana.

Jadi, nama senyawa yang dihasilkan adalah 1,2-dikloropropana.

0

Roboguru

Senyawa alkena yang digunakan untuk membuat plastik polipropilena adalah ….

Pembahasan Soal:

Propena atau senyawa alkena dengan 3 atom karbon merupakan salah satu senyawa yang digunakan untuk membuat plastik polipropilena. Polipropilena merupakan polimer yang terbuat dari monomer propena melalui reaksi polimerisasi. Reaksi polimerisasinya adalah sebagai berikut.

  

0

Roboguru

Senyawa 2-kloropropana merupakan hasil penjenuhan dengan HCl atas senyawa ….

Pembahasan Soal:

Senyawa 2-kloropropana merupakan hasil penjenuhan dengan HCl atas senyawa propena. Kemungkinan reaksi yang terjadi adalah reaksi adisi propena dengan HCl. Reaksinya yaitu sebagai berikut:

C H subscript 2 double bond C H bond C H subscript 3 and H Cl yields C H subscript 3 bond C H bond C H subscript 3 space space thin space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space I space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space Cl space 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved