Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui data percobaan uji daya hantar listrik. Larutan Rumus Lampu Cuka CH 3 ​ COOH Menyala Redup Alkohol C 2 ​ H 5 ​ OH Tidak Menyala Garam Dapur NaCI Menyala Terang Urutan daya hantar listrik yang benar adalah . . .

Diketahui data percobaan uji daya hantar listrik.

Larutan Rumus Lampu
Cuka Menyala Redup
Alkohol Tidak Menyala
Garam Dapur NaCI Menyala Terang

Urutan daya hantar listrik yang benar adalah . . .

  1. cuka> alkoho l> garam dapur

  2. alkohol> cuka > garam dapur

  3. garam dapur > cuka > alkohol

  4. cuka > garam dapur > alkohol

  5. garam dapur > alkohol > cuka

Iklan

A. Chandra

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan tabel berikut ini: Larutan Elektrolit Larutan Nonelktrolit Kuat Lemah Dapat menghantarkan arus listrik. Dapat menghantarkan arus listrik. TIdak dapat menghantarkan arus listrik. Menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik larutan. Menimbulkan nyala lampu (redup atau bisa tidak menyala) pada alat uji daya hantar listrik larutan. Tidak menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik. Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Tidak menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan nonelektrolit terurai menjadi molekul. Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sempurna. Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sebagian. Ketika dilarutkan dalam air, tidak akan terdisosiasi. Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa kovalen nonpolar. Larutan cuka termasuk larutan elektrolit lemah, karena lampu menyala redup Larutan alkohol termasuk larutan nonelektroit, karena lampu tidak menyala Larutan NaCl (garam dapur) termasuk larutan elektroit kuat, karena lampu menyala terang Sehingga, urutan bertambahnya kekuatan daya hantar listrik yang tepat adalah C. garam dapur > cuka > alkohol

Berdasarkan tabel berikut ini:

Larutan Elektrolit Larutan Nonelktrolit
Kuat Lemah
Dapat menghantarkan arus listrik. Dapat menghantarkan arus listrik. TIdak dapat menghantarkan arus listrik.
Menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik larutan. Menimbulkan nyala lampu (redup atau bisa tidak menyala) pada alat uji daya hantar listrik larutan. Tidak menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik.
Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Tidak menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit.
Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan nonelektrolit terurai menjadi molekul.
Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sempurna. Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sebagian. Ketika dilarutkan dalam air, tidak akan terdisosiasi.
Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa kovalen nonpolar.

 

Larutan cuka termasuk larutan elektrolit lemah, karena lampu menyala redup
Larutan alkohol termasuk larutan nonelektroit, karena lampu tidak menyala
Larutan NaCl (garam dapur) termasuk larutan elektroit kuat, karena lampu menyala terang

Sehingga, urutan bertambahnya kekuatan daya hantar listrik yang tepat adalah C. garam dapur > cuka > alkohol

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Queenn

Ini yang aku cari!

Jesselin Daneva

Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui data hasil percobaan uji elektrolit beberapa larutan sebagai berikut. Larutan Lampu Gelembung Gas Terang Redup Padam Ada Tidak Ada ...

179

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia