Roboguru

Diketahui data percobaan titrasi sebagai berikut: ...

Diketahui data percobaan titrasi sebagai berikut:

Data di atas merupakan hasil titrasi 25 mL larutan begin mathsize 14px style H Cl end style 0,1 M dengan larutan begin mathsize 14px style Na O H end style 0,1 M. Buatlah kurva titrasi dari data di atas dan analisislah!

Jawaban:

Kurva titrasi asam basa menunjukkan proses perubahan pH larutan selama proses titrasi. Untuk titrasi asam kuat oleh basa kuat, maka yang dituliskan dalam grafik adalah pH pada sumbu Y dan penambahan volume basa pada sumbu X. Perhatikan skala volume agar menghasilkan kurva yang pas. Kemudian tinggal dimasukkan data sesuai pada soal. Sehingga fapat diperoleh kurva sebagai berikut,

 

Sebelum titrasi, pH larutan merupakan pH larutan HCl (pH < 7). Saat titrasi mulai dilakukan pH mulai naik seiring bertambahnya volume NaOH. Pada saat titik ekuivalen tercapai, semua HCl bereaksi habis dengan NaOH membentuk garam NaCl dimana garam ini tidak terhidrolisis dan memiliki pH = 7. Jika titrasi terus dilanjutkan, maka campuran akan semakin basa karena konsentrasi OH- berlebih dan pH makin naik.

Jadi, kurva titrasinya adalah seperti diatas dan titik ekuivalen terjadi pada pH = 7.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved