Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui atom besi yang memiliki nomor atom 26. Tentukan: konfigurasi elektron dari atom besi, jumlah orbital yang terisi elektron, jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan, dan keempat bilangan kuantum dari elektron terakhir.

Diketahui atom besi yang memiliki nomor atom 26. Tentukan:

  1. konfigurasi elektron dari atom besi,
  2. jumlah orbital yang terisi elektron,
  3. jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan, dan
  4. keempat bilangan kuantum dari elektron terakhir.space

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

konfigurasi elektron 26 ​ Fe adalah 26 ​ Fe = 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 6 4 s 2 3 d 6 atau penulisannya dapat disingkat menggunakan unsur gas mulia 26 ​ Fe = [ Ar ] 4 s 2 3 d 6 dengan 15 orbital terisi elektron (11 terisi penuh dan 4 terisi elektron tidak berpasangan), dan bilangan kuantum utama 26 ​ Fe adalah 3, bilangan kuantum azimuthnya adalah 2, bilangan kuantum magnetiknya adalah -2 dan bilangan kuantum spinnya adalah − 2 1 ​ .

konfigurasi elektron  adalah  atau penulisannya dapat disingkat menggunakan unsur gas mulia  dengan 15 orbital terisi elektron (11 terisi penuh dan 4 terisi elektron tidak berpasangan), dan bilangan kuantum utama  adalah 3, bilangan kuantum azimuthnya adalah 2, bilangan kuantum magnetiknya adalah -2 dan bilangan kuantum spinnya adalah .

Iklan

Pembahasan

Pada penentuan konfigurasi elektron, jumlah orbital yang terisi elektron dan yang tidak, serta penentuan keempat bilangan kuantum, diperlukan untuk mengetahui jumlah elektron dari atom tersebut. a.konfigurasi elektron dari atom besi jumlah elektron besi adalah sama dengan nomor atomnya yaitu 26, sehingga konfigurasi elektron besi adalah: 26 ​ Fe = 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 6 4 s 2 3 d 6 atau penulisannya dapat disingkat dengan menggunakan gas mulia menjadi: 26 ​ Fe = [ Ar ] 4 s 2 3 d 6 b. jumlah orbital yang terisi elektron untuk menentukan jumlah orbital yang terisi elektron, dapat dengan menggunakan diagram orbital. Ar memiliki 18 elektron= 9 orbital terisi penuh, subkulit 4s memiliki 1 orbital terisi penuh, dan subkulit 3d memiliki 1 orbital terisi penuh dan 4 orbital yang tidak terisi penuh. Sehingga jumlah orbital yang terisi elektron adalah 15 orbital dengan 11 orbital terisi penuh dan 4 orbital tidak. c. jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan Berdasarkan gambar diagram orbital, jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan adalah 4 orbital pada subkulit 3d. d. keempat bilangan kuantum dari elektron terakhir Bilangan kuantum adalah bilangan yang digunakan sebagai penentu kedudukan elektron dalam atom, terdapat 4 jenis bilangan kuantum yaitu bilangan kuantum utama, azimuth, magnetik, dan spin. Elektron terakhir 26 ​ Fe adalah 3 d 6 , maka bilangan kuantum utamanya adalah 3, bilangan kuantum azimuthnya adalah 2 (karena terletak pada subkulit d) bilangan kuantum magnetik dan spinnya berdasarkan pada diagram orbital elektron terakhirnya: Elektron terakhir ada pada orbital -2 dan mengarah ke bawah maka nilai spinnya − 2 1 ​ . Jadi, konfigurasi elektron 26 ​ Fe adalah 26 ​ Fe = 1 s 2 2 s 2 2 p 6 3 s 2 3 p 6 4 s 2 3 d 6 atau penulisannya dapat disingkat menggunakan unsur gas mulia 26 ​ Fe = [ Ar ] 4 s 2 3 d 6 dengan 15 orbital terisi elektron (11 terisi penuh dan 4 terisi elektron tidak berpasangan), dan bilangan kuantum utama 26 ​ Fe adalah 3, bilangan kuantum azimuthnya adalah 2, bilangan kuantum magnetiknya adalah -2 dan bilangan kuantum spinnya adalah − 2 1 ​ .

Pada penentuan konfigurasi elektron, jumlah orbital yang terisi elektron dan yang tidak, serta penentuan keempat bilangan kuantum, diperlukan untuk mengetahui jumlah elektron dari atom tersebut.

a. konfigurasi elektron dari atom besi

jumlah elektron besi adalah sama dengan nomor atomnya yaitu 26, sehingga konfigurasi elektron besi adalah:

 atau penulisannya dapat disingkat dengan menggunakan gas mulia menjadi:

b. jumlah orbital yang terisi elektron

untuk menentukan jumlah orbital yang terisi elektron, dapat dengan menggunakan diagram orbital.


Ar memiliki 18 elektron= 9 orbital terisi penuh, subkulit 4s memiliki 1 orbital terisi penuh, dan subkulit 3d memiliki 1 orbital terisi penuh dan 4 orbital yang tidak terisi penuh. Sehingga jumlah orbital yang terisi elektron adalah 15 orbital dengan 11 orbital terisi penuh dan 4 orbital tidak.

c. jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan

Berdasarkan gambar diagram orbital, jumlah orbital yang terisi elektron tidak berpasangan adalah 4 orbital pada subkulit 3d.

d. keempat bilangan kuantum dari elektron terakhir

Bilangan kuantum adalah bilangan yang digunakan sebagai penentu kedudukan elektron dalam atom, terdapat 4 jenis bilangan kuantum yaitu bilangan kuantum utama, azimuth, magnetik, dan spin.

Elektron terakhir  adalah , maka

bilangan kuantum utamanya adalah 3,

bilangan kuantum azimuthnya adalah 2 (karena terletak pada subkulit d)

bilangan kuantum magnetik dan spinnya berdasarkan pada diagram orbital elektron terakhirnya:


Elektron terakhir  ada pada orbital -2 dan mengarah ke bawah maka nilai spinnya .


Jadi, konfigurasi elektron  adalah  atau penulisannya dapat disingkat menggunakan unsur gas mulia  dengan 15 orbital terisi elektron (11 terisi penuh dan 4 terisi elektron tidak berpasangan), dan bilangan kuantum utama  adalah 3, bilangan kuantum azimuthnya adalah 2, bilangan kuantum magnetiknya adalah -2 dan bilangan kuantum spinnya adalah .

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Novellies Vida Padmani

Pembahasan lengkap banget

Queena Azaria

Bantu banget Makasih ❤️

I Kadek Febri

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan konfigurasi elektron dan tentukan keempat bilangan kuantum dari unsur Ne (A = 20 dan Z = 10)!

41

2.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia