Iklan

Iklan

Pertanyaan

Didalam masyarakat yang majemuk, kerap muncul berbagai kelompok sosial yang mewarnai kehidupan masyarakatnya. Coba sebutkan beberapa kelompok sosial yang terdapat di lingkunganmu yang mencerminkan kehidupan masyarakat yang majemuk!

Didalam masyarakat yang majemuk, kerap muncul berbagai kelompok sosial yang mewarnai kehidupan masyarakatnya. Coba sebutkan beberapa kelompok sosial yang terdapat di lingkunganmu yang mencerminkan kehidupan masyarakat yang majemuk!  

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Masyarakat majemuk yaitu masyarakat yang terbentuk dari gabungan beragam kebudayaan menjadi suatu kesatuan. Kelompok sosialyang mencerminkan kehidupan masyarakat yang majemuk yaitu: Budaya Etnis tionghoa ketika peringatan hari-hari besar dalam kalender etnis tionghoa menjadikan kita mengetahui dan menghargai cara keberagamaan mereka, adanya acara kebudayaan dalam acara-acara kebudayaan pada etnis tersebut, menjadikan kita tahu budaya dari etnis tersebut dan memperkaya wawasan kita akan kebudayaan. Kebijakan mengenai makanan halal yang dikeluarkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) adalah salah satu bentuk kehati-hatian bagi umat muslim, apabila sedang berkunjung ke daerah minoritas muslim, muslim bisa membedakan halal atau tidaknya makanan tersebut. Sedangkan kebijakan tersebut untuk non-muslim dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui makanan yang halal dan haram bagi muslim.

Masyarakat majemuk yaitu masyarakat yang terbentuk dari gabungan beragam kebudayaan menjadi suatu kesatuan. Kelompok sosial yang mencerminkan kehidupan masyarakat yang majemuk yaitu:

  1. Budaya Etnis tionghoa ketika peringatan hari-hari besar dalam kalender etnis tionghoa menjadikan kita mengetahui dan menghargai cara keberagamaan mereka, adanya acara kebudayaan dalam acara-acara kebudayaan pada etnis tersebut, menjadikan kita tahu budaya dari etnis tersebut dan memperkaya wawasan kita akan kebudayaan. undefined
  2. Kebijakan mengenai makanan halal yang dikeluarkan MUI (Majelis Ulama Indonesia) adalah salah satu bentuk kehati-hatian bagi umat muslim, apabila sedang berkunjung ke daerah minoritas muslim, muslim bisa membedakan halal atau tidaknya makanan tersebut. Sedangkan kebijakan tersebut untuk non-muslim dijadikan sebagai dasar untuk mengetahui makanan yang halal dan haram bagi muslim. undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan tindakan yang dapat kamu lakukan apabila mendapat kan teman baru yang memiliki perbedaan ras!

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia