Roboguru

Diberikan struktur molekul untuk guanin dan sitosin seperti gambar berikut. Jumlah ikatan hidrogen yang dapat terbentuk antara molekul guanin dan sitosin adalah .... (SOAL SBMPTN 2019)

Pertanyaan

Diberikan struktur molekul untuk guanin dan sitosin seperti gambar berikut.

Jumlah ikatan hidrogen yang dapat terbentuk antara molekul guanin dan sitosin adalah ....

(SOAL SBMPTN 2019)

  1. 1 

  2. 2

  3. 3

  4. 5

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen merupakan interaksi antarmolekul yang terjadi antara atom H pada molekul satu dengan atom-atom yang sangat elektronegatif (N, O, F) pada molekul lain. Pada molekul guanin dan sitosin terdapat atom H, N, dan O yang akan berinteraksi melalui ikatan hidrogen seperti ilustrasi berikut.

Dengan demikian, terdapat tiga ikatan hidrogen antara guanin dan sitosin, yaitu antara O pada guanin dengan H sitosin, H guanin dengan N sitosin, serta H guanin dengan O pada sitosin.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Molekul yang memiliki momen dipol (μ) lebih besar dari nol bersifat polar. Senyawa di bawah ini yang bersifat polar adalah .... (SBMPTN 2018)

Pembahasan Soal:

Senyawa polar adalah senyawa yang terbentuk akibat adanya suatu ikatan antar-elektron pada unsur-unsurnya. Unsur yang terikat tersebut mempunyai nilai keelektronegatifan yang berbeda. Ciri senyawa polar, antara lain dapat larut dalam air dan memiliki pasangan elektron bebas (bentuk tidak simetris). Pilihan senyawa yang termasuk senyawa polar adalah OCS atau karbonil sulfida (carbonyl sulfide).


 

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B. 

0

Roboguru

Padatan NaCl melebur pada 801∘C sedangkan padatan CCl4​ melebur pada 23∘C. pernyataan yang dapat menjelaskan perbedaan titik lebur kedua padatan adalah ....... (Ar Na=23, Cl=35,5 , C=12) NaCl mudah...

Pembahasan Soal:

  1. Pernyataan 1 benar.
    NaCl merupakan senyawa ionik yang sangat larut. Ini merupakan ciri khas senyawa – senyawa golongan alkali, yang larut baik di dalam air.
  2. Pernyataan 2 salah.
    Mr NaCl = 58,5 gram/mol, sedangkan Mr CCl4 = 154 gram/mol
  3. Pernyataan 3 benar.
    NaCl merupakan jenis elektrolit kuat. Karena dapat terionisasi sempurna di dalam air, sehingga menghantarkan listrik dengan baik.
  4. Pernyataan 4 salah.
    Interaksi kisi kristal monoklin pada CCl4 lebih kuat dari pada kisi krital kubus pada NaCl.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Interaksi yang dominan antara molekul air dengan molekul N2​ yang terlarut di dalamnya adalah .... (SOAL SBMPTN 2015)

Pembahasan Soal:

Interaksi berupa gaya tarik menarik antara satu molekul dengan molekul lain disebut gaya antarmolekul. Molekul N2 adalah molekul nonpolar sedangkan air merupakan molekul polar. Molekul polar memiliki interaksi yang disebut dipol permanen, sedangkan molekul nonpolar memiliki interaksi yang disebut gaya London. Namun, ketika kedua molekul tersebut berinteraksi, molekul air yang bersifat polar akan mengimbas (menginduksi) molekul N2 nonpolar. Akibatnya, molekul nonpolar memiliki dipol terimbas (dipol terinduksi). Dipol dari molekul polar akan tarik menarik dengan dipol terimbas dari molekul nonpolar. Dengan demikian, interaksi yang dominan antara molekul air dengan molekul N2 yang terlarut di dalamnya adalah dipol terinduksi - dipol permanen.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

lnteraksi antarmolekul yang paling dominan antara molekul air dengan molekul oksigen pada larutan oksigen dalam air adalah .... (SBMPTN 2015)

Pembahasan Soal:

Molekul H2O yang polar (dipol) menginduksi awan elektron dari O2 sehingga terjadi dipol sesaat. Dipol sesaat tersebut berikatan dengan dipol H2O sehingga terbentuk dipol permanen. Jadi, gaya antarmolekul pada molekul O2 dengan molekul H2O adalah dipol terinduksi dan dipol permanen (ikatan van der Waals).

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C. 

0

Roboguru

lnteraksi antarmolekul yang paling dominan antara molekul air dengan molekul oksigen pada larutan oksigen dalam air adalah ....

Pembahasan Soal:

lnteraksi antarmolekul adalah interaksi elektromagnetik yang terjadi pada dua molekul atau lebih. lnteraksi antarmolekul hanya merupakan interaksi fisik saja, tidak benar-benar terjadi ikatan antara dua molekul yang terlibat. lnteraksi antarmolekul bersifat lemah, tidak seperti ikatan ion dan ikatan kovalen. Gaya antarmolekul dibagi menjadi 4:

  1. Ikatan hidrogen
  2. Interaksi dipol-dipol
  3. Interaksi ion-dipol
  4. Interaksi dipol terimbas/ dipol sesaat/ dipol terinduksi/ gaya london

Interaksi dipol-dipol, ion-dipol, dan dipol terimbas disebut juga sebagai gaya van der waals. Dari keempat jenis gaya antarmolekul, interaksi dipol terimbas/ dipol terinduksi merupakan satu-satunya interaksi yang melibatkan molekul non polar. Interaksi dipol terinduksi yaitu gaya antarmolekul yang terjadi saat molekul non polar mengalami dipol sesaat, mengimbas molekul non polar lainnya atau dapat dikatakan juga saat molekul polar mengimbas molekul nonpolar.

Oksigen merupakan senyawa nonpolar, sementara air merupakan senyawa polar. Molekul air  yang bersifat polar dapat menginduksi molekul oksigen  yang bersifat nonpolar. Dipol terinduksi inilah yang mengakibatkan gas oksigen larut dalam air.

 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved