Roboguru

Dibagian manakah dari telinga manusia proses terja...

Dibagian manakah dari telinga manusia proses terjadi pusat pengatur keseimbangan tubuh ....space 

Jawaban:

Telinga merupakan organ pendengaran dan keseimbangan. Telinga dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu

  1. Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga dan saluran telinga. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan gelombang suara yang akan diteruskan ke telinga tengah. Saluran telinga berfungsi untuk meningkatkan sensitivitas telinga.
  2. Telinga tengah terdiri atas membran timpani, tulang pendengaran dan saluran Eustachius. Membran timpani berfungsi menerima gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran serta menyalurkan getaran ke tulang-tulang kecil telinga tengah. Tulang pendengaran terdiri atas tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), dan tulang sanggurdi (stapes). Setiap tulang pendengaran akan menyampaikan getaran ke tulang berikutnya. Tulang stapes yang merupakan tulang terkecil di tubuh meneruskan getaran ke  koklea. Sedangkan saluran Eustachius merupakan saluran penghubung antara telinga tengah dan faring. Fungsinya menjaga keseimbangan tekanan udara luar dan udara di telinga dalam.
  3. Telinga dalam terdiri atas vestibulum, kanalis semisirkularis dan rumah siput (koklea). Vestibulum merupakan ruangan kecil yang berhubungan dengan koklea pada sisi anterior, dengan telinga  tengah pada sisi lateral dan dengan kanalis semisirkularis pada sisi posterior. Kanal semisirkularis adalah bagian telinga yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Kanal ini berisi rambut-rambut halus dan cairan. Koklea adalah bagian telinga dalam yang berbentuk seperti cangkang siput. Di bagian dalam ruangan koklea terdapat organ Corti. Organ Corti memiliki fonoreseptor yang berupa sel-sel rambut. Sel-sel rambut ini akan bergerak ketika ada getaran di dalam koklea, sehingga menstimulasi getaran yang diteruskan oleh saraf auditori ke otak.

Jadi, pusat pengatur keseimbangan tubuh terjadi pada kanal semisirkularis.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved