Pertanyaan

Diantara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab. Sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut adalah ....

Diantara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab. Sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut adalah ....space 

  1. isolasi perilakuspace 

  2. isolasi musimspace 

  3. isolasi mekanikspace 

  4. isolasi temporalspace 

  5. isolasi habitatspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah E.

jawaban yang benar adalah E.space 

Pembahasan

Pembahasan

Individu- individu dalam suatu populasi pada awalnya dapat mengadakan perkawinan sehingga dapat berkembang biak. Namun, individu-individu tersebut terpisah pada tempat yang berlainan dan letaknya berjauhan sehingga masing-masing individu tersebut akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru.Faktor yang memisahkan suatu populasi disebut sawar atau barrier (penghalang). Sawar dapat berupa keadaan geografi, misalnya jurang, lauran yang luas, gurun, dan gunung yang tinggi. Individu-individu satu spesies yang terpisah disebutalopatrik . Berdasarkan soal, diantara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab, maka sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut adalah isolasi habitat .Isolasi habitat terjadi pada dua spesies yang memiliki habitat yang berbeda. Jika ditempatkan pada lokasi yang sama, perkawinan antarindividu dalam satu populasi lebih sering terjadi dari habitat yang sama dibandingkan dengan perkawinan antarindividu dari populasi yang habitatnya berbeda. Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E .

Individu- individu dalam suatu populasi pada awalnya dapat mengadakan perkawinan sehingga dapat berkembang biak. Namun, individu-individu tersebut terpisah pada tempat yang berlainan dan letaknya berjauhan sehingga masing-masing individu tersebut akan menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru. Faktor yang memisahkan suatu populasi disebut sawar atau barrier (penghalang). Sawar dapat berupa keadaan geografi, misalnya jurang, lauran yang luas, gurun, dan gunung yang tinggi. Individu-individu satu spesies yang terpisah disebut alopatrik.

Berdasarkan soal, diantara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab, maka sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut adalah isolasi habitat. Isolasi habitat terjadi pada dua spesies yang memiliki habitat yang berbeda. Jika ditempatkan pada lokasi yang sama, perkawinan antarindividu dalam satu populasi lebih sering terjadi dari habitat yang sama dibandingkan dengan perkawinan antarindividu dari populasi yang habitatnya berbeda.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E.space 

2rb+

4.6 (6 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perbedaan jenis Macaca brunnescens dan Macaca ochreata yang hidup di Sulawesi disebabkan karena adanya peristiwa....

7

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia